International

Perlahan Namun Pasti, Pasukan Rusia Terus Bergerak Mendekati Ibu Kota Kiev


Perlahan Namun Pasti, Pasukan Rusia Terus Bergerak Mendekati Ibu Kota Kiev

Pekerja darurat Ukraina dan relawan membawa seorang wanita hamil yang terluka dari rumah sakit bersalin yang rusak oleh penembakan, di Mariupol, Ukraina, Rabu, 9 Maret 2022. (Foto AP/Evgeniy Maloletka)

KIEV, Pesisirnews.com - Pasukan Rusia dilaporkan semakin mendekati Ibu Kota Ukraina, Kiev pada Jumat, ketika para pejabat mengatakan Ibu Kota sedang diubah menjadi "benteng" dan Presiden Volodymyr Zelensky menuduh Moskow sekali lagi menargetkan koridor kemanusiaan.

Melansir World News, Sabtu (12/3), ratusan ribu warga sipil tetap bersembunyi di kota-kota Ukraina, termasuk Mariupol yang terkepung di bawah kampanye pengeboman Rusia setelah pembicaraan pertama antara Moskow dan diplomat tinggi Kiev berakhir tanpa kesepakatan.

Militer Ukraina dalam sebuah pernyataan memperingatkan "musuh berusaha untuk menghilangkan pertahanan pasukan Ukraina di sekitar wilayah barat dan barat laut Ibu Kota untuk memblokir Kiev.”

"Kami tidak bisa mengesampingkan pergerakan musuh ke timur menuju Brovary,” tambah pernyataan itu.

Sementara itu walikota Vitali Klitschko mengatakan setengah dari populasi telah melarikan diri, menambahkan bahwa kota itu "telah diubah menjadi benteng".

"Setiap jalan, setiap bangunan, setiap pos pemeriksaan telah dibentengi," ungkapnya.

Pasukan Rusia saat ini mengepung setidaknya empat kota besar Ukraina dan kendaraan lapis baja telah meluncur ke tepi timur laut Kiev, di mana pinggiran kota termasuk Irpin dan Bucha telah dibombardir setiap hari.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar