International

Presiden Prancis Emmanuel Macron Keluarkan Ultimatum 15 Hari untuk Pemimpin Muslim

pesisirnews.com pesisirnews.com
Presiden Prancis Emmanuel Macron Keluarkan Ultimatum 15 Hari untuk Pemimpin Muslim

Presiden Prancis Emmanuel Macron didesak untuk segera meminta maaf dan MUI serukan boikot produk Prancis /Tangkapan Layar Twitter @EmmanuelMacron

loading...


PESISIRNEWS.COM,Paris - Presiden Prancis Emmanuel Macron meminta para pemimpin Muslim menerima 'piagam nilai-nilai Republik', sebagai bagian dari tindakan keras terhadap Islam radikal. Pada Rabu (18/11), Macron memberikan ultimatum 15 hari kepada Dewan Kepercayaan Muslim Prancis (CFCM) untuk menerima piagam tersebut.

Piagam ini dikeluarkan Macron menyusul tiga serangan kurang dari sebulan ini. Macron memang begitu membela sekulerisme Prancis setelah serangan itu, termasuk soal pemenggalan terhadap seorang guru yang menunjukkan kartun Nabi Muhammad selama kelas kebebasan berekspresi bulan lalu.

Piagam tersebut akan menyatakan Islam adalah agama dan bukan gerakan politik, di samping juga melarang campur tangan asing dalam kelompok Muslim. Pada Rabu lalu, Macron dan Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin bertemu dengan delapan pemimpin CFCM di Istana Elysee.

"Dua prinsip akan tertulis hitam di atas putih dalam piagam itu, yakni penolakan atas politik Islam dan campur tangan asing," kata satu sumber kepada surat kabar Le Parisien setelah pertemuan itu, dilansir di BBC, Jumat (20/11).

Halaman :
Penulis: pesisirnews.com