International

Presiden Putin Ajukan Empat Syarat Gencatan Senjata dengan Ukraina


Presiden Putin Ajukan Empat Syarat Gencatan Senjata dengan Ukraina

Ilustrasi: Presiden Perancis Emanuel Macron dan Vladimir Putin saat mengadakan percakapan telepon membahas penyelesaian perang Rusia vs Ukraina, Senin malam.

MOSKOW, Pesisirnews.com - Presiden Rusia Vladimir Putin menetapkan "empat syarat" untuk gencatan senjata dengan Ukraina ketika mengadakan percakapan telepon dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron pada hari Senin malam.

Empat syarat tersebut adalah: Pengakuan Kedaulatan Rusia atas Krimea, Ukraina harus dilucuti, Neo-Nazi di Ukraina harus ditumbangkan dan Ukraina harus tetap menjadi negara netral.

“Solusi damai atas krisis di Ukraina hanya mungkin jika kepentingan keamanan Rusia yang sah diterima tanpa syarat,” kata Presiden Rusia Vladimir Putin mengutip Parstoday, Selasa (1/3/2022).

Sementara itu, sebuah pernyataan dari kantor Presiden Prancis mengatakan bahwa Emmanuel Macron telah menelepon Presiden Rusia Vladimir Putin dan menyerukan segera diakhirinya perang di Ukraina.

Pernyataan Prancis menambahkan bahwa "Presiden Emmanuel Macron telah meminta Presiden Rusia untuk terus berkomunikasi agar konflik tidak meningkat".

Pada saat yang sama, Presiden Putin telah menyatakan kesediaannya untuk menerima permintaan Emanuel Macron dengan sejumlah syarat.

Adapun pada putaran pertama pembicaraan antara Rusia dan Ukraina di perbatasan Belarusia berakhir "tanpa keputusan".

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar