International

Puluhan Perwira Polisi jadi Korban Penipuan Online oleh Mayjen Militer Gadungan

Anjar Anjar
Puluhan Perwira Polisi jadi Korban Penipuan Online oleh Mayjen Militer Gadungan

Juru bicara kepolisian Tanzania, David Misime. (Foto: thecitizen.co.tz)

DAR e SALAAM (Pesisirnews.com) - Lebih dari 20 perwira polisi Tanzania diduga telah ditipu oleh seorang penipu yang mengidentifikasi dirinya sebagai 'Mayor Jenderal' (Mayjen) di Angkatan Pertahanan Rakyat Tanzania (TPDF).

Insiden yang ‘menampar’ muka aparat penegak hukum ini merupakan yang pertama kali terjadi di Tanzania, mengingat polisi bertanggung jawab atas kejahatan dunia maya.

Diduga bahwa tersangka yang menyamar sebagai petinggi militer itu berhasil ‘memukul’ petugas polisi di ‘kandang’ mereka sendiri tanpa terdeteksi, dan dalam prosesnya melarikan diri dengan sejumlah uang.

Perwira-perwira yang ditipu itu semuanya mencari jabatan tinggi di kepolisian seperti Kapolda, OCD, sedangkan yang lain mencari promosi dan mutasi.

Korban penipuan termasuk perwira polisi senior yang jatuh ke dalam perangkap ini dan mengirim uang agar anak-anaknya dapat dipekerjakan di departemen pemerintah yang memiliki "lahan basah".

Dikutip dari laman berita Tanzania thecitizen.co.tz Rabu (13/4), sumber terpercaya yang tidak bersedia diungkapkan identitasnya menyatakan bahwa tersangka, yang telah diidentifikasi sebagai David Otieno, menyamar sebagai Mayor Jenderal Mri.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar