International

Taiwan Pelajari Strategi Pertempuran Ukraina untuk Kesiapan Hadapi China


Taiwan Pelajari Strategi Pertempuran Ukraina untuk Kesiapan Hadapi China

Bendera Taiwan berkibar di langit saat perayaan Hari Nasional di Taipei, Taiwan, 10 Oktober 2020. (Foto: REUTERS/Ann Wang)

TAIPEI , Pesisirnews.com - Ahli strategi militer Taiwan telah mempelajari perlawanan Ukraina dalam menghadapi kekuatan militer Rusia selama pecahnya pertempuran Rusia vs Ukraina dalam beberapa pekan terakhir.

Invasi Rusia ke Ukraina mendapat perlawanan sengit dari negara itu, hal ini membuat analisis militer Taiwan merasa perlu untuk membuat strategi pertempuran apabila ‘negara’ pulau itu sendiri mendapat ancaman pengambilan paksa oleh ‘saudara tua-nya’, China.

Sementara pemerintah Taiwan belum melaporkan aktivitas yang tidak biasa oleh militer di China, yang memandang pulau itu sebagai wilayahnya sendiri, namun Taipei telah meningkatkan kesiagaannya.

Penggunaan rudal presisi Rusia, serta Ukraina yang secara taktik dipikirkan dengan baik melalui perlawanan meskipun kalah awak dan senjata, diawasi dengan cermat di lingkaran keamanan Taiwan, yang pasukannya sendiri juga dikerdilkan oleh China.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen telah memperjuangkan gagasan "perang asimetris", untuk membuat pasukannya lebih mobile dan sulit diserang, misalnya dengan rudal yang dipasang di kendaraan.

Ma Cheng-Kun, direktur Institut Pascasarjana Studi Urusan Militer China di Universitas Pertahanan Nasional Taiwan, mengatakan Ukraina telah menggunakan konsep yang sama dengan senjata bergerak untuk menghalangi pasukan Rusia.

"Militer Ukraina telah memanfaatkan sepenuhnya perang asimetris, sangat efektif, dan sejauh ini berhasil menahan kemajuan Rusia," ujar Ma, yang juga menjabat penasihat pemerintah untuk kebijakan China seperti dikutip dari Reuters, Kamis (10/3/2022).

"Itulah tepatnya yang dikembangkan secara proaktif oleh angkatan bersenjata kami," katanya, menunjuk pada senjata seperti roket anti-armor bahu Kestrel yang ringan dan dikembangkan secara lokal yang dirancang untuk perang jarak dekat.

"Dari penampilan Ukraina, kami bisa lebih percaya diri dengan penampilan kami sendiri."

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar