International

Tak Gentar Hadapi China, Taiwan Luncurkan Kapal Korvet Terbaru Produksi Dalam Negeri


Tak Gentar Hadapi China, Taiwan Luncurkan Kapal Korvet Terbaru Produksi Dalam Negeri

Kapal korvet berpeluru kendali kelas Tuo Chiang terbaru milik Angkatan Laut Taiwan. (Int)

TAIPEI, Pesisirnews.com - Tahun lalu China mengirimkan pesan yang keras dan jelas kepada Angkatan Laut AS ketika Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN) melakukan beberapa uji coba rudal kapal induk barunya.

Namun, Beijing justru menerima pesan serupa yang jelas dari Taipei bulan ini setelah Angkatan Laut Taiwan mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan korvet “carrier” pertama yang dipersenjatai dengan berat.

Korvet 'carrier ' yang diluncurkan Taiwan diproduksi di dalam negeri untuk menghadapi kekuatan China daratan.


Presiden Taiwan Tsai Ing-wen memimpin peluncuran korvet berpeluru kendali kelas Tuo Chiang pertama pada sebuah upacara di Lungteh Shipyard di Su-ao Yilan pada pada 15 Desember.

Dilansir dari viewer24.com, Selasa (22/12), kapal-kapal yang diproduksi di dalam negeri itu disebut-sebut sebagai komponen kunci untuk upaya pertahanan negara kepulauan independen tersebut terhadap kemungkinan serangan tetangga daratannya.

Korvet baru Taiwan itu mendapat julukan "kapal induk", dipersenjatai dengan rudal subsonik dan supersonik.

Taiwan News melaporkan bahwa Presiden Tsai Ing-wen memimpin peluncuran korvet berpeluru kendali kelas Tuo Chiang pertama pada sebuah upacara di Lungteh Shipyard di Su-ao Yilan pada pada 15 Desember, mengikuti peluncuran lain kapal patroli lepas pantai kelas Anping pertama, yang lebih dulu diluncurkan oleh Administrasi Penjaga Pantai Taiwan pada 11 Desember.

Sementara kedua kapal serupa, versi Angkatan Laut lain lebih dipersenjatai, dan dirancang untuk menghadapi kapal-kapal China.

Kelas Tuo Chiang dilengkapi dengan meriam angkatan laut OTO Melara 76mm di dek depan, dan dipersenjatai dengan rudal antipesawat Sea Sword II, delapan rudal subsonik Hsiung Feng II (HF-2), delapan rudal supersonik Hsiung Feng Rudal jarak menengah III (HF-3), satu sistem senjata jarak dekat (CIWS) Phalanx, dua senapan mesin Browning M2HB 12,7 mm, dan dua Tabung Torpedo Kapal Permukaan Mark 32.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar