International

Temuan Dramatis Surat Tentara Jepang Era PD II yang Berasal dari Kepulauan Indonesia

Anjar Anjar
Temuan Dramatis Surat Tentara Jepang Era PD II yang Berasal dari Kepulauan Indonesia

Pasukan Jepang saat PD II. (histclo.com)

GIFU (Pesisirnews.com) - Beberapa surat yang ditulis oleh tentara Jepang yang tewas di sebuah pulau di Indonesia selama Perang Dunia II (PD II) telah ditemukan di Amerika Serikat (AS).

Asosiasi Keluarga Veteran Perang Jepang menerima permintaan dari organisasi nirlaba AS yang telah bekerja untuk mengembalikan surat-surat dari tentara yang ditujukan kepada keluarga mereka di prefektur Gifu, Fukuoka, dan Nagasaki.Terlepas dari upaya terbaik mereka, organisasi sejauh ini tidak dapat melacak beberapa keluarga.

Kosuke Kudo (48), dari Obon Society, sebuah organisasi yang berbasis di AS, yang bekerja untuk mengembalikan barang-barang pribadi kepada keluarga yang hilang selama perang, mengatakan dia berharap dapat mengirimkan surat-surat itu untuk menyampaikan nilai perdamaian.

Terpisah, Howard Royal (43), seorang veteran Perang Irak dari 2006-2007, mengatakan surat-surat dari tentara Jepang itu ditemukan oleh ayahnya bersama-sama dalam tas kulit sekitar setahun yang lalu di loteng kakeknya di North Carolina.

Kakek Royal, semasa hidup adalah seorang ahli bedah Angkatan Laut AS yang diyakini telah memperoleh surat-surat itu saat menjelajahi sebuah gua di Wakde, bagian dari kelompok pulau di Indonesia yang menjadi lokasi pertempuran sengit antara Jepang dan AS pada Mei 1944.

Sebagai informasi, Pulau Wakde adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Pasifik dan berbatasan dengan negara Papua Nugini. Pulau Wakde ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

"Kakek saya tiba di pulau Wakde setelah serangan udara besar-besaran," tulis Royal dalam email ke Kyodo News yang dikutip JAPANTODAY, Selasa.

"Ketika dia punya waktu luang, dia akan menjelajahi banyak gua di pulau itu. Dia menemukan surat-surat ini di salah satu gua itu," katanya.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f