International

Tragis! Presiden Haiti Jovenel Moise Dibunuh di Rumahnya, Simak Ulasannya

Anjar Anjar
Tragis! Presiden Haiti Jovenel Moise Dibunuh di Rumahnya, Simak Ulasannya

Presiden Haiti, Jovenel Moise dibunuh semalam di kediaman pribadinya di Port-au-Prince. (Foto via Haiti Liberte/AFP)

HAITI, Pesisirnews.com - Dengan terbunuhnya Presiden Haiti Jovenel Moise, penjabat Perdana Menteri Claude Joseph telah menyatakan 'keadaan pengepungan' dan menutup bandara internasional.

Presiden Haiti Jovenel Moïse dibunuh

Presiden Haiti, Jovenel Moise (53), ditembak dan dibunuh di kediaman pribadinya, Perdana Menteri sementara Claude Joseph mengumumkan Rabu (7/7).

Kediaman presiden mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan itu terjadi sekitar pukul 01:00 waktu setempat dan ibu negara Martine Moise juga terluka dan dibawa ke rumah sakit.

Penjabat Perdana Menteri Claude Joseph, yang sekarang memimpin negara itu, menyatakan keadaan pengepungan di Haiti dan menutup bandara internasional Port au Prince.

Apa yang kita ketahui tentang pembunuhan itu?

Pembunuhan itu dilakukan oleh kelompok komando yang "terkoordinasi dengan baik" dengan "elemen asing," lapor kantor berita AFP, mengutip Perdana Menteri sementara Joseph.

Politisi itu tampaknya telah turun tangan untuk mengisi kekosongan kekuasaan, meskipun ia akan digantikan minggu ini oleh Ariel Henry, seorang ahli bedah saraf.

"Presiden dibunuh di rumahnya oleh orang asing yang berbicara bahasa Inggris dan Spanyol," kata Joseph kepada kantor berita AFP.

Dia menyebut pembunuhan itu sebagai "tindakan penuh kebencian, tidak manusiawi dan barbar," dengan mengatakan para pembunuh menggunakan "senjata kaliber tinggi."

Sebuah video pemerintah menunjukkan bahwa orang-orang bersenjata itu masuk ke rumah Moise dengan mengaku sebagai agen US Drug Enforcement Administration (DEA).

Namun, Duta Besar Haiti untuk AS, Bochhit Edmond, mengatakan, "tidak mungkin mereka adalah agen DEA," dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Reuters.

Dia menambahkan bahwa First Lady Martine Moise yang terluka berada dalam "kondisi stabil tetapi dalam kondisi kritis," dan upaya sedang dilakukan untuk menerbangkannya ke Miami di Florida untuk perawatan.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar