International

Vakum 4 Tahun, Turki Pulihkan Hubungan Diplomatik secara Penuh dengan Israel

Anjar Anjar
Vakum 4 Tahun, Turki Pulihkan Hubungan Diplomatik secara Penuh dengan Israel

Irit Lilian ditunjuk menjadi dubes Israel untuk Turki.

TEL AVIV (Pesisirnews.com) - Israel menunjuk Irit Lillian sebagai duta besar pertama untuk Turki setelah hubungan kedua negara sempat vakum selama 4 tahun.

Setelah kembalinya hubungan diplomatik antara kedua pihak ke tingkat tertinggi, Israel mengumumkan penunjukan Irit Lilian sebagai duta besar baru untuk Turki. Posisi tersebut telah kosong selama empat tahun setelah memburuknya hubungan kedua belah pihak.

Melansir aljazeera.com, Jumat, Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan bahwa keputusan final Lilian sebagai duta besar baru untuk Turki telah mendapat 'lampu hijau' dari pemerintah Israel.

Irit Lilian adalah seorang diplomat terkemuka, yang telah memainkan peran kunci dalam normalisasi hubungan antara Ankara dan Tel Aviv, dan telah menjadi Kuasa Usaha di Kedutaan Besar Israel di Ankara sejak Februari 2021.

Sementara, Turki belum mengumumkan nama duta besar barunya untuk Tel Aviv, tetapi ekspektasi Israel menunjukkan bahwa Ankara dapat mengambil langkah ini selama beberapa hari ke depan.

Pada bulan Agustus, Israel mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan akhir untuk memulihkan hubungan diplomatik dengan Turki, dan mengembalikan duta besar dan konsul ke Tel Aviv dan Ankara, serta memulihkan hubungan di antara mereka ke era sebelumnya.

Perdana Menteri Israel Yair Lapid pada hari Selasa bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, sebelum pertemuan Majelis Umum PBB.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f