International

Wow, Cina Bantu Arab Saudi Kembangkan Senjata Nuklir, AS Meradang

Anjar Anjar
Wow, Cina Bantu Arab Saudi Kembangkan Senjata Nuklir, AS Meradang

Ilustrasi : AS lakukan penyelidikan atas laporan Cina membantu Saudi dalam pengembangan senjata nuklir. (Kredit Foto : Middle East Eye)


WASHINGTON, Pesisirnews.com - The New York Times melaporkan pada hari Rabu (5/8/2020), bahwa agen-agen intelijen AS telah menganalisis dugaan kolaborasi antara Cina dan Arab Saudi dalam pengembangan senjata nuklir di situs yang dirahasiakan di Saudi, dekat dengan area produksi panel surya.

Badan-badan intelijen Amerika Serikat (AS) dilaporkan sedang menilai laporan bahwa China secara diam-diam membantu Arab Saudi memperluas program nuklirnya, yang dapat membuka jalan menuju pengembangan senjata nuklir.

Analis yang berbicara kepada New York Times mengatakan gambar satelit bangunan di dekat Ibu Kota Riyadh mirip dengan fasilitas nuklir yang dibangun oleh Cina di Iran.

Awal pekan ini, Wall Street Journal juga melaporkan bahwa situs lain di barat laut negara itu sedang digunakan untuk mengekstrak uranium dari bijih uranium sebuah langkah lanjutan untuk pengembangan bahan bakar nuklir yang dapat menempatkan Saudi di jalur untuk mengembangkan senjata nuklir.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

loading...