Islam

4 Tips Sehat Jalani Puasa Ramadan di Hari Pertama


4 Tips Sehat Jalani Puasa Ramadan di Hari Pertama

(Pesisirnews.com) - Beberapa hari lagi umat Muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa Ramadan 1443 Hijriyah yang dimulai pada tangga 2 atau 3 April 2022.

Hari pertama puasa biasanya dirasakan cukup berat oleh sebagian orang. Hal ini kerena tubuh perlu beradaptasi terhadap kebutuhan biologis seperti makan, minum dan tidur yang mengalami perubahan.

Puasa juga membawa dampak dehidrasi yang tinggi karena makanan dan minuman dibatasi sebelum matahari terbit dan setelah matahari terbenam.

Selain itu, karena orang yang berpuasa didorong untuk bangun pagi-pagi sekali untuk sahur, kurang tidur dan dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala.

Agar tubuh tetap sehat dan dapat menyesuaikan diri dengan baik di hari pertama puasa, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sehingga tubuh Anda tetap fit hingga waktu berbuka datang.

Berikut 4 tips di hari pertama puasa yang sehat:

1. Jangan melewatkan makan sahur

Melewatkan sahur memperpanjang periode puasa karena tubuh Anda perlu mengandalkan makanan sebelumnya untuk memberi Anda semua nutrisi dan energi hingga buka puasa.

Karena jam puasa yang lebih lama, Anda cenderung merasa dehidrasi dan lelah di siang hari. Selain itu, melewatkan sahur juga mendorong makan berlebihan saat berbuka puasa.

Hal ini jika dilakukan selama puasa dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat.

2. Hindari makan gorengan, makanan asin dan makanan tinggi gula

Saat sahur, usahakan tidak mengonsumsi makanan berlemak dan manis karena dapat menyebabkan kelesuan dan kelelahan. Selain itu, Anda juga harus membatasi asupan garam, terutama saat sahur karena dapat meningkatkan rasa haus.

Makanan yang berminyak, gorengan, dan manis dapat membuat Anda merasa baik dalam jangka pendek, tetapi makanan itu bisa membuat puasa keesokan harinya terasa lebih sulit.

Sebagai gantinya, cobalah memasukkan makanan dari semua kelompok makanan utama termasuk buah dan sayuran, nasi dan alternatifnya, serta daging dan alternatifnya.

Mengonsumsi makanan kaya serat juga ideal karena dicerna lebih lambat daripada makanan olahan sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar