Islam

Benarkah hanya 70.000 Umat Nabi yang Masuk Surga Tanpa Hisab dan Siksa?

Pesisirnews.com Pesisirnews.com
Benarkah hanya 70.000 Umat Nabi yang Masuk Surga Tanpa Hisab dan Siksa?

Ilustrasi: Unsplash

SEMUA orang pasti ingin masuk surga. Orang yang sering beribadah, dia menginginkan surga. Orang yang sering bermaksiat pun sebenarnya menginginkan surga. Disebutkan dalam sebuah hadits bahwa kelak ada 70.000 umat Rasulullah yang masuk surga tanpa hisab.


Hushain bin 'Abdurrahman –rahimahullah– berkata,


"Saya pernah bersama Sa'id bin Jubair lalu dia berkata, 'Siapa di antara kalian yang melihat bintang jatuh semalam?' Aku menjawab, 'Aku'. Kemudian aku berkata, 'Tapi aku tidak sedang mengerjakan shalat. Aku terbangun karena aku disengat (binatang).' Sa'id lalu berkata, "Lantas apa yang kamu perbuat?' Aku menjawab, 'Aku meminta untuk diruqyah.' Sa'id bertanya, 'Apa yang alasanmu sampai meminta diruqyah? ' Aku menjawab, 'Sebuah hadits yang Asy Sya'bi ceritakan kepadaku.' Sa'id bertanya lagi, 'Apa yang diceritakan Asy Sya'bi kepada kalian.' Aku menjawab, 'Dia telah menceritakan kepada kami dari Buraidah bin Hushaib Al Aslami, bahwa dia berkata, "Tidak ada ruqyah kecuali disebabkan oleh penyakit 'ain dan racun (sengatan binatang berbisa)." Maka Sa'id pun menjawab, "Sungguh sangat baik orang melaksanakan dalil yang telah ia dengar." Hanya saja Ibnu Abbas telah menceritakan kepada kami dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda,


"Telah ditampakkan padaku semua umat. Aku melihat seorang nabi yang hanya memiliki beberapa pengikut (3 sampai 9 orang). Ada juga nabi hanya memiliki satu atau dua orang pengikut saja. Bahkan ada nabi yang tidak memiliki pengikut sama sekali. Tiba-tiba diperlihatkan kepadaku sekumpulan orang, maka aku menyangka bahwa mereka adalah umatku. Ada yang berkata padaku, 'Mereka adalah Nabi Musa 'alaihis salam dan pengikutnya. Tetapi lihatlah ke ufuk.' Lalu aku pun memandang, ternyata ada kumpulan kaum yang besar yang berwarna hitam (yakni saking banyaknya orang kelihatan dari jauh). Lalu dikatakan lagi kepadaku, 'Lihatlah ke ufuk yang lain.' Ternyata di sana juga terdapat kumpulan kaum yang besar yang berwarna hitam. Dikatakan kepadaku, 'Ini adalah umatmu dan bersama mereka ada tujuh puluh ribu orang yang akan memasuki surga tanpa dihisab dan disiksa'."


Setelah menceritakan itu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam kemudian bangkit lalu masuk ke dalam rumahnya. Orang-orang lalu memperbincangkan mengenai mereka yang akan dimasukkan ke dalam surga tanpa dihisab dan tanpa disiksa. Sebagian dari mereka berkata, "Mungkin mereka adalah orang-orang yang selalu bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam." Ada pula yang mengatakan, "Mungkin mereka adalah orang-orang yang dilahirkan dalam Islam dan tidak pernah melakukan perbuatan syirik terhadap Allah." Mereka mengemukakan pendapat masing-masing. Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam keluar menemui mereka, lalu beliau bertanya, "Apa yang telah kalian perbincangkan?" Mereka pun menerangkannya kepada beliau. Lantas Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Mereka adalah orang-orang yang tidak meruqyah, tidak meminta untuk diruqyah, tidak melakukan thiyaroh (beranggapan sial) dan hanya kepada Allah mereka bertawakal."


'Ukkasyah bin Mihshan berdiri lalu berkata, "Berdoalah kepada Allah agar aku termasuk bagian dari mereka." Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Engkau termasuk bagian dari mereka." Kemudian ada lagi yang berdiri dan berkata, "Berdoalah kepada Allah agar aku termasuk bagian dari mereka." Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Ukkasyah telah mendahuluimu." (HR. Bukhari no. 5752 dan Muslim no. 220).


Dari hadits di atas kita tahu bahwa sebanyak 70.000 umat Nabi Muhammad SAW akan masuk surga tanpa hisab dan tanpa adzab.


Namun di dalam riwayat lain disebutkan bahwa setiap 1000 orang dari 70.000 tadi ada 70.000 lagi. Dari Abu Umamah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, ia berkata,


وَعَدَنِى رَبِّى عَزَّ وَجَلَّ أَنْ يُدْخِلَ الْجَنَّةَ مِنْ أُمَّتِى سَبْعِينَ أَلْفاً بِغَيْرِ حِسَابٍ وَلاَ عَذَابٍ مَعَ كُلِّ أَلْفٍ سَبْعُونَ أَلْفاً


"Rabbku 'azza wa jalla telah menjajikan padaku bahwa 70.000 orang dari umatku akan dimasukkan surga tanpa hisab dan tanpa siksa. Setiap 1000 dari jumlah tersebut terdapat 70.000 orang lagi." (HR. Ahmad 5: 268. Syaikh Syu'aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih dan sanad hadits ini hasan).


Berarti, berdasarkan hadits ini maka ada 4.900.000 umat Nabi Muhammad SAW yang akan masuk surga tanpa dihisab dan disiksa. Allahu A'lam. []


SUMBER: RUMAYSHO

Penulis: Zanoer

Sumber: Islampos