Islam

Umat Muslim Sedunia Bersyukur, Ibadah Umrah Kembali Dibuka Bertahap oleh Kerajaan Arab Saudi

Anjar Anjar
Umat Muslim Sedunia Bersyukur, Ibadah Umrah Kembali Dibuka Bertahap oleh Kerajaan Arab Saudi

Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi. (Foto: AFP)

MEKAH, Pesisirnews.com - Ibadah umrah yang selama beberapa waktu dihentikan pelaksanaannya oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi karena pandemi Covid-19, secara bertahap kembali dibuka.

Dilansir Arab News, Senin (5/9/2020), rombongan pertama jemaah yang berasal dari penduduk lokal diizinkan memasuki Masjidil Haram mulai jam 6 pagi, Minggu (4/10/2020), setelah permohonan umrah melalui aplikasi Eatmarna disetujui oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Pemerintah Arab Saudi menyediakan kuota 6.000 jemaah yang diperbolehkan melakukan umrah dalam sehari.

Kementerian Haji dan Umrah menyediakan lima lokasi khusus di Al-Gaza, Ajyad dan Al-Shasha bagi para jemaah yang didampingi tenaga medis profesional saat menuju Masjidil Haram menggunakan bus.

Kamera pemantau suhu ditempatkan di pintu masuk dan ruang dalam Masjidil Haram untuk memantau peningkatan suhu tubuh. Petugas sewaktu-waktu dapat mengambil tindakan yang diperlukan terhadap jemaah yang kondisinya terpantau mencurigakan.

Pemerintah Arab Saudi telah melatih sekitar 1.000 petugas kesehatan untuk memantau pelaksanaan ibadah umrah di Masjidil Haram.

Tenaga kebersihan juga disiapkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan sebanyak 10 kali dalam sehari.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

loading...