Kesehatan

Cara Ampuh Turunkan Kadar Asam Urat di Dalam Darah Secara Alami

pesisirnews.com pesisirnews.com
Cara Ampuh Turunkan Kadar Asam Urat di Dalam Darah Secara Alami
Peradangan akibat asam urat yang menumpuk.
Pesisirnews.com? Asam urat adalah produk limbah alami dari pencernaan makanan yang mengandung purin. Purin ini ditemukan dalam kadar tinggi di beberapa makanan seperti, daging tertentu, ikan sarden, kacang kering dan juga bir.

Purin juga terbentuk dan terurai di tubuh Anda. Biasanya, tubuh menyaring asam urat melalui ginjal dan urin. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak purin dalam makanan, atau jika tubuh tidak dapat membuangnya, maka asam urat dapat menumpuk dalam darah.


Tingkat asam urat yang tinggi ini dikenal sebagai hyperuricemia. Hal ini dapat menyebabkan penyakit yang disebut asam urat, yang menyebabkan nyeri sendi yang menumpuk kristal urat. Lantas bagaimana cara alami menurunkannya? 


Hal itu juga bisa membuat darah dan urin Anda terlalu asam.Asam Urat dapat terkumpul di dalam tubuh Anda karena berbagai alasan. Beberapa di antaranya adalah: makanan, genetika, kegemukan atau kelebihan berat badan.

Gangguan kesehatan tertentu juga dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi, seperti: penyakit ginjal, diabetes melliatus hipotiroidisme, beberapa jenis kanker atau kemoterapi dan psorias.

Berikut adalah cara alami untuk menurunkan asam urat, yang kami kutip dari healthline.com:


Batasi makanan yang kaya purin

Anda bisa membatasi sumber asam urat dalam makanan
Makanan yang kaya purin mencakup beberapa jenis daging, makanan laut, dan sayuran. Semua makanan ini mengeluarkan asam urat ketika dicerna.

Hindari atau kurangi asupan makanan Anda seperti: organ dalam atau jeroan, babi, kalkun, ikan dan kerang, daging domba, daging sapi muda, kol, kacang hijau, kacang kering dan jamur.

Hindari makanan bergula

Sementara asam urat biasanya terkait dengan makanan kaya protein, penelitian terbaru menunjukkan bahwa gula juga bisa menjadi penyebab yang potensial. Gula ditambahkan ke makanan termasuk gula meja, gula jagung, dan pemanis fruktosa lainnya.

Fruktosa adalah jenis utama gula sederhana dalam makanan olahan. Para peneliti telah menemukan bahwa, jenis gula ini khususnya dapat menyebabkan kadar asam urat yang tinggi.

Periksa label makanan untuk tambahan gula. Makan lebih banyak makanan utuh dan lebih sedikit makanan kemasan atau olahan, juga dapat membantu Anda membatasi asupan gula.

Hindari minuman manis

Minuman manis, soda, dan bahkan jus buah segar terkonsentrasi dengan gula fruktosa. Fruktosa dari jus diserap lebih cepat daripada dari makanan yang harus dipecah dalam tubuh. Ini meningkatkan kadar gula darah, dan juga menyebabkan kadar asam urat yang lebih tinggi.

Minum lebih banyak air

Minum banyak cairan membantu ginjal Anda mengeluarkan asam urat lebih cepat. Simpan botol air dengan Anda setiap saat. Setel alarm setiap jam untuk mengingatkan Anda untuk minum beberapa teguk.

Hindari alkohol

Minum alkohol bisa membuat Anda lebih dehidrasi. Itu juga bisa memicu kadar asam urat tinggi. Ini terjadi karena ginjal harus terlebih dahulu menyaring produk yang terjadi di dalam darah karena alkohol, bukan asam urat dan limbah lainnya. Beberapa jenis minuman beralkohol seperti bir juga tinggi purin.

Menurunkan berat badan

Sel-sel lemak membuat lebih banyak menyimpan asam urat daripada sel-sel otot. Selain itu, tambahan berat badan setiap kilogramnya membuat ginjal lebih sulit untuk menyaring asam urat. Menurunkan berat badan terlalu cepat juga bisa memengaruhinya.

Jika Anda kelebihan berat badan, sebaiknya hindari diet ketat. Bicaralah dengan ahli gizi tentang diet sehat, dan rencana menurunkan berat badan yang lebih cocok. Dokter dapat merekomendasikan tujuan berat badan yang sehat untuk jenis tubuh Anda.

Seimbangkan kadar insulin

Apakah kadar gula darah Anda diperiksa ketika Anda mengunjungi dokter Anda. Ini penting bahkan jika Anda tidak menderita diabetes.

Orang dewasa dengan diabetes tipe 2 mungkin memiliki terlalu banyak insulin dalam aliran darah mereka. Hormon ini diperlukan untuk memindahkan gula dari darah ke sel-sel, di mana ia dapat memberi daya pada setiap fungsi tubuh. Namun, terlalu banyak insulin menyebabkan kelebihan asam urat di dalam tubuh, serta kenaikan berat badan.

Individu dengan kondisi yang disebut prediabetes mungkin juga memiliki kadar insulin tinggi, dan risiko lebih tinggi untuk diabetes tipe 2. Dokter mungkin ingin memeriksa kadar insulin, di samping kadar glukosa darah.

Tambahkan lebih banyak serat ke dalam makanan

Makan lebih banyak serat akan membantu tubuh Anda menyingkirkan asam urat. Serat juga dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan insulin.

Tambahkan setidaknya 5 hingga 10 gram serat larut sehari dengan makanan utuh seperti: buah segar, beku, atau kering, sayuran segar atau beku, atau gandum.

Konsumsi lebih banyak vitamin C

Penelitian medis menunjukkan bahwa, vitamin C dapat membantu tubuh Anda menyingkirkan asam urat. Ini juga dapat membantu mengurangi peradangan.

Tambahkan makanan yang kaya nutrisi ini dalam makanan harian Anda, seperti: jeruk, stroberi, kiwi, jambu biji, brokoli, kubis, paprika dan tomat.

Mengurangi stres

Stres, kebiasaan tidur yang buruk, dan terlalu sedikit olahraga dapat meningkatkan peradangan. Peradangan dapat memicu kadar asam urat yang tinggi.

Berlatihlah teknik yang penuh perhatian, seperti latihan pernapasan dan yoga untuk membantu mengatasi tingkat stres. Bergabunglah dengan kelas atau gunakan aplikasi, yang mengingatkan Anda untuk bernapas dan melakukan peregangan beberapa kali sehari.


Periksa obat dan suplemen

Beberapa Obat dan suplemen juga dapat menyebabkan asam urat menumpuk di dalam darah. Ini termasuk: aspirin, vitamin B-3 (niacin), diuretik, obat penekan kekebalan tubuh, dan obat kemoterapi.

Jika Anda perlu mengambil salah satu dari obat-obatan ini dan mengalami hyperuricemia, dokter dapat mencari alternatif yang baik.

Diet, olahraga dan perubahan gaya hidup sehat lainnya dapat meningkatkan asam urat, dan penyakit lain yang disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi. Namun, mereka tidak dapat selalu mengganti perawatan medis yang diperlukan. Minumlah semua obat yang diresepkan sesuai petunjuk dokter. Kombinasi yang tepat dari diet, olahraga, dan  obat abatan dapat membantu mempertahankan gejala-gejala.

Tampaknya ada banyak makanan yang perlu Anda hindari untuk membantu menurunkan kadar asam urat. Cara terbaik untuk membatasi makanan ini adalah dengan membuat rencana makan mingguan.yang di kutip dari viva.co.id. Bicaralah dengan ahli gizi Anda untuk membantu membuat rencana diet terbaik untuk Anda.

Penulis: pesisirnews.com