Kenali 5 Gejala Dini Serangan Jantung

admin Minggu, 16 Juni 2019 12:33 WIB

Pesisirnews.com - Serangan jantung merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika aliran darah ke jantung tersumbat. Umumnya, hal tersebut terjadi karena ada penumpukan lemak, kolesterol, dan substansi lainnya yang membentuk plak di pembuluh darah ke jantung. Pembuluh darah tersebut dinamakan arteri koroner.

Kondisi penyempitan pembuluh darah jantung akibat pembentukan plak dikenal dengan istilah penyakit jantung koroner (PJK). Ketika aliran darah ke jantung terganggu, jaringan otot jantung yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh akan dapat rusak. Jika kondisi tersebut tidak segera ditangani, tentu dapat mengancam jiwa.

Gejala dini serangan jantung

Sementara itu, penting bagi Anda untuk mengenali gejala dini serangan jantung dengan saksama. Berikut penjelasannya:

1. Nyeri dada sebelah kiri

Nyeri dada kiri merupakan gejala khas dari serangan jantung. Biasanya, nyeri dada yang dialami terasa seperti ditindih benda berat, diremas, ditekan, atau rasa penuh di belakang tulang dada. Kondisi tersebut biasanya berlangsung selama beberapa menit.

Sering kali, nyeri dada tersebut disertai penjalaran ke area leher, rahang bawah, lengan kiri, punggung, atau ulu hati. Pada beberapa orang, gejala yang dirasakan hanya dada terasa tidak enak.

2. Sesak napas

Sesak napas juga merupakan keluhan yang umum dialami saat serangan jantung terjadi. Seseorang yang mengalami serangan jantung akan merasa sulit bernapas. Keadaan ini dapat terjadi akibat jantung gagal untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga bisa terjadi penumpukan darah di paru.

3. Keringat dingin

Berkeringat dingin dapat dialami oleh seseorang yang sedang mengalami serangan jantung. Selain itu, dapat pula tangan terasa dingin. Sering kali seseorang menjadi cemas karena nyeri dada yang dirasakan sehingga memperburuk gejala yang sudah timbul.

4. Nyeri perut

Perasaan nyeri perut di area ulu hati dapat dirasakan oleh beberapa orang yang mengalami serangan jantung. Nyeri perut tersebut dapat disertai dengan gejala bersendawa sehingga sering diduga sebagai gejala sakit mag.

Biasanya, nyeri pada serangan jantung terasa lebih berat, bukan tajam. Karena itu, diperlukan pemeriksaan yang lebih spesifik terhadap nyeri perut agar dapat menggugurkan kemungkinan lain.

5. Mual dan muntah

Mual dan muntah juga dapat dialami oleh seseorang yang mengalami serangan jantung. Namun sebenarnya, gejala ini cukup jarang ditemui saat serangan jantung. Gejala ini lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan pria.(jpnn/klikdokter)

Loading...
Tags BengkalisDaerahDumaiGaleri FotoInhuKamparKesehatanKuansingLife StyleLife-StyleMancanegaraMerantiPekanbaruPelalawanPemiluRiauRohilRohulSiakSportTNITeknologiTimnas Indonesiahukriminhilnasionalperistiwapolisipolitikviralwanita

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments