Kesehatan

Mitos Atau Fakta, Benarkah Konsumsi Micin Sangat Berbahaya?


Mitos Atau Fakta, Benarkah Konsumsi Micin Sangat Berbahaya?

Pesisirnews.com - Kabar tentang MSG (monosodium glutamate) atau yang biasa kita kenal dengan micin, sangat mudah ditemukan di pasaran.

Baca Juga :Studi: Jenggot Tebal Pria Lebih Banyak Kuman Dibanding Bulu Anjing

Dilansir dari Tribunnews.com, mendengar kata "micin" sering kita asumsikan dengan sesuatu yang berbahaya bagi kesehatan. Micin sendiri digunakan sebagai penyedap rasa untuk meningkatkan rasa nikmat pada lidah. Maka dari itu, kamu akan menemukan berbagai jenis kaldu, seperti kaldu ayam, sapi, sampai kaldu sayur.

Namun, seberapa berbahaya MSG dalam makanan yang sering kita santap?

Berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan

MSG merupakan molekul garam yang dikombinasikan dengan komponen glutamat. Glutamat ini berfungsi untuk memberikan rasa gurih pada makanan.

Awalnya, orang-orang membuat penyedap alami yang berasal dari tomat, jamur, ataupun rumput laut. Karena perlu diolah dan membutuhkan proses yang cukup lama, penggunaan micin pun mulai menyebar di dapur-dapur rumah.

Meski enak, sayangnya jika dikonsumsi secara berlebihan micin bisa memicu obesitas. Sebuah penelitian yang dituliskan dalamAmerican Journal of Clinical Nutritionpada tahun 2011 mengungkapkan, bahwa terjadi peningkatkan risiko obesitas pada masyarakat Cina.

Apalagi negara ini duduk di peringkat pertama sebagai konsumen MSG terbesar. Sehingga disimpulkan bahwa individu yang mengonsumsi MSG dalam jumlah tinggi (4.2 gram per hari) lebih rentan terkena obesitas.

kalbe-200419-1
Obesitas dapat memperpendek umur hingga 8 tahun.

Kemudian pada beberapa kasus, sebagian orang yang sensitif terhadap kandungan MSG memicu reaksi alergi dengan gejala yang bisa membahayakan. Ciri yang sering muncul adalah gatal-gatal, mual, hingga muntah dan sakit kepala.

Perlu diketahui, sebaiknya hindari anak-anak daribahayaMSG. Molekul garam ini, jika secara berlebih dilahap oleh si kecil, dalam jangka panjang mampu merusak otak dan sistem saraf.

Baca Juga :Diduga Karena Sakit, Warga Kubang Jaya ini ditemukan Tewas di dalam Rumahnya

Sayangnya, rasa micin yang gurih cukup sulit dihindari. Apalagi kebanyakan orang malas mengonsumsicemilansehatkarena hambar dan tidak membuat nafsu.

Untungnya sekarang adaFitchips, yaitu cemilan sehatmultigrainyang mengandung tiga jenis gandum sekaligus! Bukan cumaoat, tetapi juga adaquinoadanwhole wheat.

Fitchips, cemilan sehat tanpa MSG.
Fitchips, cemilan enak khusus diet karenabebas MSG. (Kalbe Store)

Kalauoatmampu menurunkan kolesterol dan menstabilkan darah, kedua gandum lainnya mengandung serat yang tinggi serta memiliki protein dengan asam amino esensial, tinggi besi dan magnesium, tinggi antioksidan, dan Low GI (Glycemic Index). Makanan dengan indeks glikemik yang rendah sangat baik bagi penyandang diabetes!

Fitchips dengan makanan gandum lainnya terdapat pada rasa. Snack sehat ini nggak hambar dan tersedia tiga jenis:Honey BBQ, Seaweed, danCheese & Herbs. Sesuaikan saja dengan lidah kamu!

Yang perlu kamu ketahui meski nggak kalah gurih dengansnacklainnya, FitchipsbebasMSGdan tidak menggunakan bahan pewarna, bahan pengawet, hingga pemanis buatan.

Baca Juga :Buat Nggak Pede, Ternyata Ini Penyebab Bibir Kamu Menjadi Hitam

Jadi, makan sehat nggak perlu menyiksa selama kamu tahu cemilan yang baik untuk kesehatan!.(dan)

Penulis: admin