Kesehatan

Penyakit Mengerikan Ini Akan Mengintai Kamu Jika Sehabis Sahur Kembali Tidur


Penyakit Mengerikan Ini Akan Mengintai Kamu Jika Sehabis Sahur Kembali Tidur

Pesisirnews.com - Melakukan sahur di bulan suci ramadhan memang harus dilakukan demi menambah asupan gizi selama berpuasa hampir 13 jam lamanya.

Namun ternyata melakukan sahur juga sering kali dibarengi dengan kebiasaan yang buruk, yakni setelah sahur kembali tidur.

Baca Juga :Agar Kuat Puasa Besok, Ini Menu Sahur Agar Badan Nggak Lemas dan Ngantuk..

Dilansir dari Pojoksatu.id, jangan kamu anggap remeh karena kebiasaan tersebutlah yang justru menimbulkan berbagai penyakit mengerikan. Lalu apa saja dampak dari kebiasaan sepele yang selalu dilakukan ini?

Simak ini dia penyakit yang akan mengintai kamu ketika sehabis sahur kembali tidur.

1. Obesitas

Obesitas bukan hanya terjadi ketika seseorang mengonsumsi makanan dengan porsi berlebih secara rutin. Ternyata obesitas juga bisa dialami oleh orang yang terbiasa tidur setelah selesai makan.

Dan termasuk setelah sahur, hal tersebut bisa terjadi karena saat tidur kalori yang masuk ke dalam tubuh akan menumpuk.

Akibat dari kebiasaan ini bisa menyebabkan pembengkakan lemak dalam tubuh. Nggak heran setelah bulan ramadhan usai berat badan kamu pasti akan naik.

Baca Juga :Aksi Heroik Polisi Ini, Ganjal Truk Rem Blong dengan Motor Dinas Cegah Kecelakaan

2. Diabetes

Ketika tubuh sudah mengalami obesitas, besar kemungkinan tubuh juga akan terkena risiko penyakit diabetes.

Hal ini bisa terjadi akibat adanya lemak dan kalori yang menumpuk dalam tubuh. Biasanya lemak yang terkumpul dalam tubuh akan menyebabkan kerusakan fungsi organ lain termasuk pankreas.

3. Risiko Jantung

Selain diabetes, obesitas juga bisa menyebabkan risiko penyakit jantung. Kandungan lemak dan juga kalori dalam tubuh dengan perlahan akan menyumbat pembulu darah.

Jadi kalian harus mengingat, semakin seringnya kamu tidur ketika sahur akan semakin besar juga kemungkinan kamu terserang penyakit jantung.

4. Nyeri Ulu Hati

Nyeri di bagian dada atau ulu hati bisa terjadi akibat sering tidur saat sahur. Biasanya orang yang mengalami nyeri ulu hati akan terasa sesak, nyeri, dan panas.

Hal ini terjadi karena naiknya asam lambung yang memenuhi rongga dada. Selain itu nyeri ulu hati yang berkepanjangan juga bisa menyebabkan munculnya risiko penyakit maag kronis.

5. Maag Kronis

Selain disebabkan oleh nyeri ulu hati, maag kronis bisa terjadi akibat meningkatnya asam lambung dalam tubuh.

Baca Juga :Jelang Ramadhan, Wabub Inhil Ziarah ke Makam Orang Tuanya

Asam lambung bisa meningkat akibat adanya bakteri jahat yang berkembang sempurna di dalam usus. Bakteri tersebut bisa terus berkembang karena makanan tidak dicerna oleh tubuh saat tidur setelah sahur.(dan)

Penulis: admin