Kesehatan

Putih Telur Bisa Dipakai untuk Obat Luka Bakar? Ini Penjelasannya


Putih Telur Bisa Dipakai untuk Obat Luka Bakar? Ini Penjelasannya

Pesisirnews.com - Di media sosial beredar informasi tentang bagaimana putih telur dapat dimanfaatkan sebagai obat oles luka bakar. Disebut bahwa cara ini sering digunakan oleh para petugas pemadam kebakaran saat melakukan latihan.


Dalam pesan yang beredar putih telur diklaim mengandung kolagen dan vitamin sehingga bisa membantu penyembuhan luka.


"Ada orang yang tangannya tersiram air mendidih. Walaupun sakit, ia mengulurkan tangannya dibawah aliran air dingin. Setelah itu, ia mengambil 2 telur, memisahkan kuning telur dari putihnya lalu putih telur itu ia kocok sedikit. Setelah itu, ia masukkan tangannya disitu," cuplikan pesan tersebut seperti dilansir dari detikcom.


Menanggapinya beberapa halaman pengecekan fakta seperti Hoax Slayer hingga Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menyebut kalau informasi itu keliru. Putih telur tidak memiliki khasiat menyembuhkan luka bakar malah meningkatkan risiko terjadinya infeksi.


"Penggunaan putih telur dalam pengobatan luka bakar tidak direkomendasikan oleh ahli kesehatan dan dapat menyebabkan infeksi pada korban. Selain itu, tidak ada informasi kredibel tentang pelatihan penggunaan putih telur sebagai obat luka bakar bagi petugas pemadam kebakaran," tulis halaman resmi laporan hoaks Kominfo seperti dikutip pada Minggu (30/6/2019).


Ketika menghadapi luka bakar langkah pertama yang benar adalah mengalirkan air ke atas luka selama beberapa menit. Bila perlu disarankan juga untuk menggunakan kompres dingin bersih pada area luka.


Tujuan dari hal ini adalah untuk segara mendinginkan area yang terpapar panas sehingga luka tidak berakhir terlalu parah. Hanya saja kebanyakan orang hanya mengalirkan air pada luka selama sekitar satu menit.(dan)

Penulis: admin