Kesehatan

Sayuran pun Bisa Sebabkan Asam Urat!


Sayuran pun Bisa Sebabkan Asam Urat!
Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, daun singkong ataupun daun pepaya sebenarnya mengandung zat besi dan vitamin C yang tinggi. Namun sayang, kandungan zat purin yang tinggi (Foto : rasa.karangkraf.com)
PESISIRNEWS.com - Penyakit asam urat terjadi akibat konsumsi zat purin secara berlebihan. Jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu menyaringnya sehingga membentuk kristal asam urat yang menumpuk di persendian. Akibatnya kita akan merasakan nyeri, bengkak dan meradang pada sendi-sendi.

Menghindari beberapa makanan yang mengandung kolesterol dan zat purin tinggi sering dilakukan. Dan jangan salah, beberapa sayuran ternyata mengandung zat purin tinggi meskipun tidak setinggi jeroan, daging merah atau makanan kalengan. Apa saja sayuran yang mengandung purin tinggi?

1.Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, daun singkong ataupun daun pepaya sebenarnya mengandung zat besi dan vitamin C yang tinggi. Namun sayang, kandungan zat purin yang tinggi. Bagi penderita penyakit asam urat, ada baiknya membatasi konsumsi sayuran berdaun hijau.

2. Kacang-kacangan. Produk nabati ini mengandung kadar purin yang tinggi. Kacang polong misalnyam memiliki kandungan purin sampai 100 mg per 3,5 ons.

3. Kembang kol. Sayuran ini mengandung purin sebesar 51 gram per 100 gram. Cukup tinggi untuk membuat penderita penyakit asam urat kesakitan.

4. Jamur. Sebagai makkanan nabati yang teksturnya agak mirip dengan daging, ternyata jamur juga mengandung kadar purin yang cukup tinggi.(CNN)
Penulis: