Kesehatan

Tahukah Anda,Kentut Busuk Bertanda Penyakit Berbahaya

pesisirnews.com pesisirnews.com
Tahukah Anda,Kentut Busuk Bertanda Penyakit Berbahaya
Ilustrasi menahan kentut (Pictagram)

Pesisirnews.com-Sebagian orang mungkin menganggap kentut sebagai hal yang jorok. Maklum saja, gas keluar saat kentut biasanya berbau tidak sedap. Namun, sebenarnya kentut merupakan cara tubuh membuang zat tak berguna dalam bentuk gas.

Lantas, apa yang memengaruhi bau kentut? Faktor utama penyebab bau kentut adalah makanan yang dikonsumsi dalam sehari. Tidak semua makanan dapat dicerna dengan sempurna oleh tubuh, seperti yang berprotein dan berlemak tinggi. Bahkan, makanan berserat juga terkadang sering membuat kentut berbau sangat busuk. Minuman yang tidak sehat juga membuat bau kentut sangat menyengat.

Selain makanan, bau kentut menyengat bisa jadi tanda penyakit masalah serius di dalam tubuh. Dikutip dari Medical News Today, Kamis (25/10/2018), bau kentut busuk biasanya berhubungan dengan saluran pencernaan yang tidak sehat.

Bau kentut busuk terjadi karena tumpukan tinja di usus besar yang sulit keluar. Hal ini disebabkan karena berbagai faktor, mulai dari konsumsi obat, diet yang salah, dan hingga infeksi bakteri. Dalam kondisi terburuk, bau kentut busuk bisa jadi tanda penyakit berbahaya seperti kanker usus.

Nah, agar bau kentut tidak terlalu busuk, sebaiknya perhatikan makanan yang dikonsumsi. Hindari makanan yang berbau menyengat dan minuman berkarbonasi. Minumlah lebih banyak air putih untuk memperlancar sistem pencernaan.(solopos)

Penulis: pesisirnews.com