Kesehatan

Dokter Menjawab: Apakah Boleh Berhubungan Seks saat Isolasi Mandiri? Simak Ulasan Lengkapnya

Anjar Anjar
Dokter Menjawab: Apakah Boleh Berhubungan Seks saat Isolasi Mandiri? Simak Ulasan Lengkapnya

Ilustrasi: Berhubungan saat isolasi mandiri. (Kredit Foto via VOI/PNC)

Pesisirnews.com - Seorang pria usia 34 tahun di Bali bernama Putra, menanyakan kepada dokter Oka Negara, apakah boleh berhubungan seksual dengan istrinya saat dia melakukan isolasi mandiri.

Bagi Putra, hubungan seksual itu membuatnya senang, tenang, dan bersemangat serta akan bikin imun tubuhnya menjadi lebih baik.

Sebelumnya, Putra menjelaskan kalau dirinya positif Covid, setelah dilakukan tes PCR.

Berikut jawaban lengkap dr. Oka Negara atas pertanyaan tersebut:

Aktivitas seksual apapun jenisnya yang dilakukan bersama pasangan, tentu saja biasanya melibatkan kontak fisik tanpa jarak.

Selama pandemi ini, perhatian khusus dalam kontak seksual adalah menghindari kontak droplet dan air liur sebagai risiko sumber penularan utama virus SARS CoV2 penyebab Covid-19, dan juga kontak dengan feses yang juga dianggap memiliki potensi menularkan berdasarkan hasil beberapa penelitian.

Sementara hubungan seksual bisa bermata ganda saat seseorang sakit, bisa merugikan, atau malah bisa membantu kesembuhan.

Belum ada rekomendasi baku untuk ini. Sebaiknya memang jika memungkinkan ditunda sampai masa isolasi selesai dan kondisi tubuh lebih bugar lagi, karena hubungan seksual perlu dilakukan dalam keadaan bugar.

Ilustrasi: (Int)

Tetapi jika merasakan bahwa sangat membutuhkan untuk melakukan hubungan seksual dan merasa cukup fit tetap perlu mempertimbangkan sebelum melakukannya.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f
loading...
loading...