Kesehatan

FDA Setujui Izin Edar Obat Termahal di Dunia, Harganya Bisa Bikin Jantung Copot

Anjar Anjar
FDA Setujui Izin Edar Obat Termahal di Dunia, Harganya Bisa Bikin Jantung Copot

Ilustrasi: Pengobatan hemofilia yang memengaruhi kemampuan darah untuk menggumpal. (Foto: AFP)

PENNSYLVANIA (Pesisirnews.com) - Otoritas kesehatan Amerika Serikat (AS) menyetujui peredaran obat terapi gen pertama untuk hemofilia, dengan harga fantastis yaki US$ 3,5 juta Rp 52 miliar sekali pengobatan. Hemofilia adalah kondisi langka yang memengaruhi kemampuan darah untuk menggumpal.

Dilansir dari financialpost.com, Selasa, Food and Drug Administration (FDA) memberikan izin edar pada Hemgenix, pengobatan IV untuk orang dewasa dengan hemofilia B, bentuk kelainan genetik yang kurang umum yang terutama menyerang pria.

Pembuat obat CSL Behring, yang berbasis di Pennsylvania, mengumumkan label harga US$ 3,5 juta tak lama setelah persetujuan FDA, dengan mengatakan bahwa obatnya pada akhirnya akan mengurangi biaya perawatan kesehatan karena pasien akan mengalami lebih sedikit pendarahan dan membutuhkan perawatan pembekuan yang lebih sedikit.

Menurut sebuah penelitian yang dikutip olehNational Library of Medicine, harga tersebut menjadikan Hemgenix obat termahal di dunia, melampaui terapi gen Zolgensma Novartis untuk atrofi otot tulang belakang (SMA), yang harganya sekitar US$ 2 juta per dosis.

Seperti kebanyakan obat-obatan di AS, sebagian besar biaya pengobatan baru akan ditanggung oleh perusahaan asuransi, bukan pasien, termasuk program swasta dan program pemerintah.

Setelah beberapa dekade penelitian, terapi gen telah mulai membentuk kembali pengobatan kanker dan penyakit langka yang diturunkan dengan obat-obatan yang dapat memodifikasi atau memperbaiki mutasi yang tertanam dalam kode genetik manusia.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f