Kesehatan

Hal-hal yang Perlu Dilakukan Istri Usai Berbungan Intim Agar Vagina Tetap Sehat


Hal-hal yang Perlu Dilakukan Istri Usai Berbungan Intim Agar Vagina Tetap Sehat

Ilustrasi: Yang harus dilakukan istri setelah berhubungan seks agar vagina tetap sehat. (Int)

(Pesisirnews.com) - Sangatlah penting untuk merawat vulva dan vagina Anda dengan baik, terutama jika Anda aktif secara seksual.

Saat Anda aktif secara seksual, pelumas yang diproduksi oleh vagina Anda dan air mani pasangan Anda dapat mengubah keseimbangan pH vagina.

Perubahan pH vagina ini dapat membuatnya lebih rentan terhadap infeksi jamur dan infeksi saluran kemih (ISK).Dengan demikian, ada hal-hal tertentu yang harus Anda lakukan setelah berhubungan seks untuk menjaga kesehatan vagina Anda.

Selain itu, Anda harus ingat untuk tidak menggunakan pewangi, minyak, atau bahan kimia keras.Melakukannya hanya akan mengganggu pH vagina dan mengakibatkan kekeringan, gatal, dan infeksi.

Apa yang harus dilakukan agar vagina tetap sehat setelah berhubungan seks?

  • - Buang air kecil setelah berhubungan seks

Selalu dianjurkan buang air kecil baik sebelum dan sesudah berhubungan seksual.Ini adalah cara terbaik untuk membuang racun.Buang air kecil setelah berhubungan seks memiliki efek pembersihan pada uretra.Juga, buang air kecil setelah berhubungan seksual mencegah kemungkinan ISK.

  • - Gosok kelembapan berlebih dengan lembut

Seperti yang kita ketahui bahwa lubrikan, keringat, dan air mani dari pasangan dapat membuat vagina lembap setelah berhubungan seksual.Jadi, Anda harus mengambil handuk lembut atau membuat lapisan kertas toilet yang tebal untuk menghilangkan kelembapan berlebih dengan lembut.Anda harus menyingkirkan vagina yang lembap karena dapat meningkatkan kemungkinan terkena ISK.

  • - Mandi setelah berhubungan seks

Ini membersihkan bakteri dari tangan, mulut, dan rektum Anda.Mandi melindungi Anda dari tertularragi atau infeksi bakteri di vagina. Mencuci dengan air hangat saja atau dengan sabun lembut tanpa pewangi dapat membantu pembersihan yang benar.Namun jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif yang rentan terhadap alergi atau infeksi kulit, maka hindari penggunaan sabun karena dapat memperparah pembengkakan vagina atau iritasi.

  • - Berendam di bak mandi

Manjakan diri Anda dengan berendam pasca-seks yang menyenangkan dengan menambahkan sedikit minyak kelapa murni ke dalam bak mandi air hangat untuk melembabkan kulit.Minyak kelapa murni memberi nutrisi pada kulit, membuatnya lebih lembut dan meningkatkan penyembuhannya.Dengan demikian, minyak kelapa akan membantu melembutkan vagina bagian luar dan meredakan pembengkakan atau iritasi vagina yang terjadi setelah berhubungan seks.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar