Kesehatan

Ini Beberapa Faktor yang Dapat Menyebabkan Kerusakan pada Otak Anda


Ini Beberapa Faktor yang Dapat Menyebabkan Kerusakan pada Otak Anda

Ilustrasi: Struktur dasar Sistem Saraf Pusat (SSP) dan fungsi sistem saraf. (Biology LibreTexts)

(Pesisirnews.com) - Sistem saraf pusat (SSP) kita terdiri dari otak (salah satu organ terpenting dalam tubuh) dan sumsum tulang belakang. Sistem saraf kita meluas ke seluruh tubuh dengan sumsum tulang belakang berfungsi sebagai 'jalan raya' utama antara tubuh dan otak yang mengendalikan semuanya.

Kedua organ ini memainkan peran penting dalam memastikan tubuh kita berfungsi dengan baik.

Jadi, seberapa penting SSP kita dan apa yang bisa kita lakukan untuk merawatnya?

Dr Hwang Yee Chern dari Asosiasi Pediatrik Malaysia mengungkapkan komponen terpenting dan “pengendali” SSP adalah otak.

“Ini adalah organ kompleks yang melayani banyak peran kunci yang berkaitan dengan fungsi kognitif, berpikir, belajar dan emosi. Ini juga mengontrol tindakan otonom seperti pernapasan dan detak jantung,” ungkapnya dikutip dari thestar.com.my, Sabtu (16/4).

Sedangkan sumsum tulang belakang berfungsi sebagai saraf pusat "jalan raya", yang menghubungkan otak dengan seluruh tubuh kita melalui sistem saraf. Ini memungkinkan aliran sinyal dua arah ke dan dari otak (misalnya sensasi dari ujung jari atau jari kaki kita dan reaksi kita terhadap sensasi itu, berkeringat untuk mendinginkan tubuh ketika kita terlalu hangat, dll.).

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi tubuh jika terjadi kerusakan pada SSP yang berakibat pada kerusakan fisik misalnya jatuh dari tangga, penyakit tertentu yang mempengaruhi otak dan/atau sumsum tulang belakang, dan kelainan bawaan seperti spina bifida cystica atau microcephaly.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar