Kesehatan

Jerawat akibat Masker (Maskne) : Bagaimana Mengatasinya?

pesisirnews.com pesisirnews.com
Jerawat akibat Masker (Maskne) : Bagaimana Mengatasinya?
Oleh: Dr dr Winawati EP, SpDV " Dosen Fakultas Kedokteran (FK)

SEJAK pandemi Covid19 ini, kebutuhan masker meningkat. Hal ini terkait dengan penerapan 3M untuk memutus rantai penularan.

Namun permasalahan lain, banyak masyarakat yang mengalami gangguan kulit wajab akibat masker. Salah satunya adalah timbulnya jerawat. Kasus jerawat akibat masker atau yang lebih dikenal di kalangan dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (SpKK) dengan Maskne, menjadi alasan berobat akhir-akhir ini.

Penggunaan masker yang lama tanpa disertai penggantian masker dan tanpa mencuci wajah menambah risiko muncul komedo dan jerawat pada area tertutup masker.
loading...

Bila tidak segera diatasi, akan menimbulkan penurunan kepercayaan diri seseorang dan melakukan berbagai upaya untuk mengobati masalah ini. Namun demikian terkadang masalah ini menjadi bertambah berat bila kita tidak mengetahui penyebab awal Maskne ini.

Jerawat merupakan kelainan unit pilosebasea yang disebabkan beberapa hal meliputi hiperproliferasi epidermal folikular, peningkatan produksi sebum, inflamasi dan peningkatan aktivitas Propionibacterium acnes.
Halaman :
Penulis: pesisirnews.com