Kesehatan

Penjelasan dokter Mengenai Waktu yang Tepat Sikat Gigi saat Puasa


Penjelasan dokter Mengenai Waktu yang Tepat Sikat Gigi saat Puasa

Ilustrasi: Waktu sikat gigi yang tepat saat puasa. (Gambar via Wired UK)

(Pesisirnews.com) - Selama bulan Ramadan, umat Islam akan mengalami perubahan pola rutinitas harian, termasuk sikat gigi.

Tak sedikit yang bertanya soal kapan waktu yang tepat untuk sikat gigi saat puasa. Hal ini penting, mengingat saat berpuasa, mulut cenderung mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Oleh karenanya, penting untuk menjaga kesehatan mulut. Salah satu kiat menjaga kesehatan mulut selama puasa adalah rutin menyikat gigi.

Menyikat gigi akan membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi yang dapat berujung pada keluhan gigi berlubang hingga sakit gigi.

Biasanya, kegiatan menyikat gigi dilakukan setelah sarapan dan sebelum tidur di malam hari.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk sikat gigi saat puasa?

Dokter gigi di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri Solo, drg. Sartari Entin Yuletnawati menjelaskan bahwa kita perlu mengubah waktu sikat gigi di kala puasa.

Waktu sikat gigi saat puasa yang tepat adalah setelah makan sahur dan sebelum tidur di malam hari. Waktu ini memang tidak jauh berbeda dengan hari-hari biasanya.

Tak hanya menyikat gigi, untuk menjaga kesehatan mulut, Sartari juga mengingatkan untuk tidak melupakan lidah.

Lidah merupakan salah satu tempat berkumpulnya bakteri di mulut sehingga harus disikat agar tidak menyebabkan bau mulut dan sariawan.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar