Kesehatan

Ribuan Sukarelawan Uji Vaksin Corona Fase Ketiga di India Batal Melanjutkan Uji Vaksin

Anjar Anjar
Ribuan Sukarelawan Uji Vaksin Corona Fase Ketiga di India Batal Melanjutkan Uji Vaksin

Ilustrasi: Vaksin Corona. (abplive.com)

New Delhi, Pesisirnews.com - All India Institutes of Medical Sciences (AIIMS), sebuah lembaga besar yang diberi kewenangan oleh pemerintah India dalam menguji coba fase akhir vaksin yang disebut Covaxin, gagal mencapai jumlah relawan yang dibutuhkan untuk uji coba vaksin corona.

Covaxin merupakan vaksin corona yang diproduksi bersama oleh Bharat Biotech dan Indian Council of Medical Research (ICMR).

Saat uji coba tahap pertama dimulai, AIIMS membutuhkan seratus sukarelawan tetapi sukarelawan yang mendaftar melonjak hingga 4500 orang. Pada saat uji coba tahap kedua, rumah sakit juga menerima empat ribu sukarelawan.

Namun antusias warga yang melamar menjadi sukarelawan di uji coba fase ketiga vaksin corona Bharat Biotech, jauh mengalami penurunan.

Dilansir dari portal berita India abplive.com, Jumat (18/12/2020), menurut Dr. Sanjay Rai, Profesor dan Inspektur Utama Riset, Departemen Kedokteran Komunitas di AIIMS, ketika masyarakat yang datang secara sukarela diberi tahu tentang prosesnya, mereka justru menolak untuk berpartisipasi di dalamnya.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

loading...