Kesehatan

Seberapa Ampuh Vaksin Sinovac Asal China ?

pesisirnews.com pesisirnews.com
Seberapa Ampuh Vaksin Sinovac Asal China ?

Jhonson & Jhonson


PESISIRNEWS.COM - Program vaksinasi Covid-19 sejak pekan lalu sudah dipergunakan . Vaksin buatan Sinovac, jadi salah satu yang digunakan oleh pemerintah untuk melindungi jutaan orang dari virus Corona.


Seberapa ampuhkan Vaksin Sinovac asal China tersebut?


Dilansir dari Merdeka.com ,Vaksin Sinovac memiliki efikasi 65,3 persen. Dengan angka itu, vaksin tersebut diyakini tetap aman untuk melindungi masyarakat dari paparan Covid-19. Efikasi atau tingkat keampuhan tersebut sudah melebihi standar World Health Organization (WHO) sebesar 50 persen.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, vaksin adalah upaya negara dalam melindungi masyarakat dari ancaman pandemi Covid-19 dan demi tercapainya kekebalan komunitas atau herd immunity.

"Kami telah menerima rekomendasi dari WHO (World Health Organization), bahwa nilai efikasi di atas 50 persen dapat diterima," kata Wiku.

Sedangkan, Ahli Epidemiologi Griffith University Australia, Dicky Budiman menyampaikan, hasil final efikasi vaksin CoronaVac produksi Sinovac di Brasil sebesar 50,4 persen, tidak berpengaruh dengan efikasi vaksin di Indonesia. Sehingga masyarakat tidak perlu cemas.

Kata Dicky, angka efikasi di Brasil maupun di Turki tidak bisa disamakan dengan efikasi di Indonesia. Sebab, proses uji klinis tahap III-nya pun berbeda.

"Hasil yang sedikit di atas threshold WHO itu tetap memiliki makna, karena tetap memiliki efikasi yang memenuhi standar, itu tetap bisa kita gunakan sebagai pelindung," kata Dicky.

Dia mengungkapkan, vaksin CoronaVac memang berbeda dari merek vaksin lain. Hal itu lantaran perusahaan Sinovac Biotech mempersilakan proses uji klinis tahap III dilakukan di daerah pemesan yakni Brasil, Turki, dan Indonesia.

Halaman :
Penulis: pesisirnews.com