Kesehatan

Terapi Plasma Konvalesen Kembali Digaungkan ,Alternatif Mengobati Pasien Positif Covid 19

pesisirnews.com pesisirnews.com
Terapi Plasma Konvalesen Kembali Digaungkan ,Alternatif Mengobati Pasien Positif Covid 19

Foto: Infografis/4 Negara Pesan Vaksin Covid-19, Rogoh Berapa Triliun?/Arie Pratama


PESISIRNEWS.COM-Alternatif untuk mengobati pasien positif Covid-19, terapi Plasma Konvalesen kini kembali digaungkan,sebetulnya bukan merupakan hal baru. Terapi ini telah digunakan sejak satu abad yang lalu untuk mengobati banyak penyakit, termasuk difteri.



Dikutip dari CNBCIndonesia,Membahas hal tersebut, dr. Erlina Burhan, Sp.P (K), M.Sc., Ph.D, Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, mengungkapkan perjalanan panjang terapi konvalesen (convalescent) hingga sekarang kembali terdengar.



"Terapi Plasma Konvalesen ini merupakan terapi yang sudah cukup lama, yakni sejak tahun 1900-an. Sehingga sudah digunakan untuk penyakit-penyakit seperti difteri, SARS, MERS, dan flu burung. Hanya saja, masih terbatas untuk uji klinis. Demikian juga dengan Covid-19, dipakai di banyak negara namun hanya sebatas uji klinis," ujar Erlina melalui ruang digital pada Jumat (26/6).


Erlina yang masuk dalam Tim Pakar dokter Gugus Tugas Nasional juga menuturkan bahwa banyak negara yang telah menggunakan terapi plasma konvalesen dengan hasil yang lumayan bagus dan cukup efektif. Namun begitu, keberhasilan terapi yang telah dilakukan di banyak negara tersebut masih terbatas pada jumlah pasien yang sedikit.

Halaman :
Penulis: pesisirnews.com

loading...