Lingkungan

Atasi Abrasi, Sungai Rokan Bakal Dipasang Turap


Atasi Abrasi, Sungai Rokan Bakal Dipasang Turap
foto: fadli
Abrasi di Sungai Rokan.
BAGANSIAPIAPI, PESISIRNEWS.COM - Untuk mengatasi terjadinya abrasi di tepian Sungai Rokan Batu Enam Bagansiapiapi, Pemkab Rohil berencana akan membangun turap dengan menggunakan Batu Beronjong atau Batu Gunung. Karena kalau dibiarkan, maka dikhawatirkan objek wisata Rohil itu akan dikikis oleh air pasang surut.

"Selama ini turap yang ada di tepian Sungai Rokan hanya dibangun dengan menggunakan semenisasi yang diyakini tidak akan mampu menampung hempasan ombak pasang surut. Untuk itu kita rencanakan membangun turap di sekitar Pantai Batu Enam dengan menggunakan Batu Beronjong atau Batu Gunung pada tahun 2015 ini".

Demikian dikatakan Wakil Bupati Rohil, Erianda, Sabtu (28/2/15) di Bagansiapiapi. Dikatakan, pembangunan Turap Batu Gunung itu akan secepatnya dilakukan. Karena saat ini kondisi abrasi di Batu Enam sudah sangat mengkhawatirkan. Terutama bagi masyarakat yang berjualan di seputar sungai.

Mudah-mudahan, dengan dibangunnya turap berbentuk Batu Gunung itu diyakini akan mampu menampung hempasan ombak pasang surut di Sungai Rokan. "Sehingga fasilitas milik Pemkab Rohil berupa taman maupun patung-patung hiasan yang ada tidak rusak," ungkapnya. (fad)

Penulis: