Life Style

5 Tips tangkal kantong bolong saat musim liburan


5 Tips tangkal kantong bolong saat musim liburan
Ilustrasi liburan/Internet

Jakarta, Pesisirnews.com - Musim liburan akhir tahun sudah di depan mata. Ada baiknya Anda melakukan segala persiapan agar liburan Anda berjalan dengan lancar. Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah anggaran.


Persiapan anggaran liburan dapat dilakukan dengan menyisihkan penghasilan setiap bulan dan bonus yang mungkin diterima menjelang akhir tahun. Dan pada saat hari liburan akan datang, Anda menghitung dan mengalokasikan anggaran dengan detail.


Memperkiraan anggaran liburan sejak dini merupakan hal yang sangat krusial agar Anda tidak sampai terpaksa meminjam uang kepada bank demi pergi liburan. Selain itu, membuat perkiraan anggaran liburan sejak dini membuat Anda lebih fleksibel untuk mencari cara menghemat anggaran liburan yang telah Anda buat.


Berikut 5 tips yang bisa Anda lakukan untuk menghemat anggaran saat musim liburan, dikutip HaloMoney.


Jarak tujuan wisata tidak terlalu jauh


Menjelang akhir tahun merupakan hari-hari yang mahal untuk pergi berlibur. Anda bisa coba untuk memilih pergi berlibur jauh hari sebelumnya, misalnya di awal Desember.


Sedangkan liburan akhir tahun dihabiskan di daerah lokal atau daerah terjangkau dari tempat tinggal Anda. Harga tiket transportasi, akomodasi, maupun objek wisata cenderung lebih murah di luar tanggal merah atau tanggal liburan panjang.


Pilih transportasi alternatif


Gunakan transportasi alternatif selain pesawat untuk menghemat biaya perjalanan. Misalnya Anda dari Jakarta dan ingin berlibur ke Bali. Kalau ingin menghemat tiket pesawat, Anda bisa mencoba jalur alternatif dengan menggunakan kereta dan feri untuk menuju Bali.


Jika Anda orang yang menikmati perjalanan, cara ini cukup ampuh untuk memberikan suasana baru saat berlibur, tentu sekaligus untuk menghemat biaya.


Beli paket liburan


Menjelang bulan-bulan musim liburan, banyak agen perjalanan dan biro travel yang menawarkan paket khusus liburan. Anda bisa menghemat uang dan waktu dalam merencanakan perjalanan saat menggunakan jasa mereka.


Anda juga bisa menanyakan potongan harga untuk perjalanan rombongan. Biasanya potongan biaya selalu tersedia untuk perjalanan rombongan.


Menggunakan tiket terusan


Banyak objek-objek wisata yang saling bekerjasama untuk menawarkan tiket terusan. Tiket terusan umumnya mencakup dua atau lebih ijin masuk objek wisata. Harganya juga jauh lebih murah dibandingkan jika Anda membeli tiket masuk sendiri-sendiri. Anda bisa coba mencari harga tiket terusan di situs agen travel lokal.


Manfaatkan promo musim liburan


Promo travel selain agen perjalanan, banyak pula hotel atau maskapai penerbangan yang menawarkan promo berlibur. Biasanya Anda bisa mendapatkan promosi jika bertransaksi dengan kartu kredit tertentu.


Pastikan Anda memiliki kartu kredit yang tepat untuk memanfaatkan berbagai promo tersebut. Bijaklah dalam mempersiapkan budget liburan agar kondisi keuangan Anda tetap stabil dalam jangka panjang.


Sumber Merdeka.com 

Penulis: