Life Style

7 Cara Untuk Menghilangkan Stress,

pesisirnews.com pesisirnews.com
7 Cara Untuk Menghilangkan Stress,
Hypnotherapy in Wales from Gaia Evalyn Love via Tribunnews
Ilustrasi stres. 

Dalam hidup yang namanya masalah memang bisa menjadi pemicu utama terjadinya stres. Jika tidak bisa menghadapinya dengan bijak, stres justru akan berdampak buruk bagi tubuh.


Stres yang menimpa Anda tidak perlu dipikirkan hingga berkepanjangan.


Seperti dilansir dari laman JawaPos.com (Group Pojoksatu.id), tipstrenners berikut 7 tips ampuh usir stres berkepanjangan.


1. Mengatur atau Menjadwal Rutinitas


Padatnya rutinitas yang harus dikerjakan dalam satu hari bisa membuat Anda stres. Selain itu, hasil yang dicapai pun tidak maksimal, sehingga stres pun makin menumpuk.

Sebelum memulai aktivitas harian, sebaiknya menyusun rangkaian aktivitas yang akan dikerjakan sebagai pedoman dalam bekerja.


2. Abaikan Masa Lalu, Jalani dan Syukuri Hari ini


Bayang-bayang masa lalu sering kali memicu stres. Apalagi kalau kesalahan pada masa lalu sangat berpengaruh terhadap kehidupan Anda saat ini.

Tidak salah jika memang mau mengingat peristiwa pada masa lalu. Namun, kalau sampai ingatan tersebut membuat Anda bersedih, ada baiknya dihentikan dan abaikan.


3. Lakukan Meditasi Ringan Walau Sebentar


Meditasi sangat ampuh untuk menghilangkan stres dan juga bagus untuk meningkatkan konsentrasi. Tak perlu pergi ke pusat meditasi untuk melakukannya.

Anda bisa bermeditasi sendiri di rumah. Cukup dengan menarik napas dalam-dalam, pikiran pun jadi lebih tenang. Anda pun terasa seperti terlahir kembali karena pikiran benar-benar bersih setelah bermeditasi.


4. Pergi ke Pantai atau Wahana Permainan dan Berteriaklah


Pakar kesehatan mengatakan jika berteriak menjadi obat penghilang stres paling mujarab. Masalah seberat apa pun bisa hilang secara perlahan hanya dengan berteriak.

Sebab sewaktu berteriak, tubuh akan secara otomatis melepas sebagian beban yang dirasakan.


5. Jangan Malas Berolahraga


Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga ampuh untuk menghilangkan stres. Olahraga semisal jogging, senam, ataupun bersepeda sangat baik untuk menenangkan pikiran.

Sisihkan waktu Anda setidaknya 15 menit atau 30 menit setiap harinya untuk berolahraga. Kalau ingin pikiran benar-benar plong, Anda bisa mengikuti olahraga outdoor bersama rekan kerja.


6. Jangan Hanya Berdiam Diri di Rumah, Pergilah Liburan


Liburan menjadi salah satu alternatif agar hidup Anda selalu mendapatkan energi positif. Manfaatkan hari weekend untuk pergi liburan bersama orang-orang tercinta.

Tapi dikeadaan seperti sekarang ini nih tipstrenners, ada baiknya kalian semua menunda ya demi kebaikan bersama.


7. Mendengarkan Musik Favorit


Hampir semua orang suka mendengarkan musik. Hal ini wajar karena alunan musik yang merdu dapat membuat pikiran jauh lebih tenang.

Apalagi kalau lirik lagunya bagus, Anda pun otomatis ikut bahagia saat mendengarkannya. Sebelum stres melanda, hidupkan musik kesukaan Anda dan dengarkan.

Kalau perlu, ikutlah bernyanyi untuk mengekspresikan perasaan pada alunan musik yang diputar.


Penulis: Haikal

loading...