Cara Jitu Memusnahkan Ulat yang Menyerang Tanaman di Perkarangan Rumah

Jumat, 31 Maret 2017 09:31 WIB
Ilustrasi.

JAKARTA - Ulat adalah salah satu hama yang paling menjengkelkan. Taman yang susah payah Anda rawat kemudian kedatangan ulat yang dengan lahapnya menggerogoti daun dari tanaman kesayangan, apalagi kalau harganya cukup mahal.

Selain itu jenis ulat yang memiliki bulu dapat menimbulkan alergi pada kulit sehingga apabila tersentuh maka akan memberikan efek gatal yang sangat menyakitkan sehingga Anda dan anggota keluarga pasti lebih memilih untuk tidak menyentuh halaman karena keberadaan hama ulat tersebut.

Jika Anda belum menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya, berikut beberapa tips untuk memusnahkan hama ulat yang merusak taman kesayangan Anda:

1. Gunakan pestisida

Pestisida merupakan anti hama yang paling umum di gunakan untuk mengatasi hama ulat. Meskipun demikian Anda tak perlu menyemprotkan pestisida ini setiap saat, namun cukup dalam jangka waktu sekali semprot dalam sebulan.

Pestisida berguna untuk mencegah dan menghambat telur ulat yang menempel pada daun agar tidak menetas menjadi ulat. Namun untuk memastikan anti hama yang sesuai, ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli tanaman di saat Anda membelinya.

2. Pangkas atau kurangi daun tanaman

Jika tanaman di halaman sudah mulai lebat dengan daun, maka sisihkan waktu Anda untuk memangkasnya agar tidak semakin tinggi dan rimbun. Tanaman yang rimbun akan menjadi sarang yang baik bagi beberapa binatang seperti laba-laba dan ulat, selain itu jika terserang hama akan menyulitkan Anda saat membasminya karena terhalang oleh dedaunan serta ranting tanaman.

3. Cek permukaan daun

Rajin-rajinlah mengamati pertumbuhan tanaman Anda, tunas baru bisa menjadi tempat yang baik bagi kupu-kupu untuk meletakkan telurnya. Daun muda menjadi santapan yang paling di sukai oleh ulat maka dari itu sebaiknya jika melihat adanya telur ulat segera singkirkan atau menyemprotnya dengan pestisida atau anti hama.

4. Beri jarak tanaman

Tanaman yang terlalu rapat dapat memudahkan hama untuk berpindah dari tanaman satu ke tanaman lainnya untuk mencari makanan, selain itu tanaman yang terlalu dekat jaraknya terlihat tidak sedap di pandang mata karena terkesan tidak terawat. Jika satu tanaman terserang ulat segera singkirkan agar tidak merembet ke tanaman lainnya.

Sumber: Viva.co.id

Loading...
Tags

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments