Life Style

Ingin Tahu Segudang Manfaat Mengonsumsi Jantung Pisang? Baca Info Lengkapnya di Sini


Ingin Tahu Segudang Manfaat Mengonsumsi Jantung Pisang? Baca Info Lengkapnya di Sini

Ilustrasi: Manfaat jantung pisang. (Int)

(Pesisirnews.com) - Bagi sebagian masyarakat Indonesia, jantung pisang merupakan sesuatu yang lazim dikonsumsi, yang diolah dalam bentuk gulai atau tumisan.

Tapi, pernahkah Anda mengonsumsi jantung pisang?

Mengonsumsi jantung pisang atau bunga pisang ungu ternyata sangat baik untuk kesehatan. Bahan yang terkandung di dalamnya merupakan sumber vitamin, mineral, dan serat yang baik.

Kandungan jantung pisang antara lain kalori (51 Kkal), protein (1,6 gr), lemak (0,6 gr), karbohidrat (9,9 gr), serat (57 gr), kalsium (56 mg), fosfor (73,3 mg) , zat besi (56,4 mg), kalium (553,3 mg), magnesium (48,7 mg), dan vitamin E (1,07 mg).

Berikut adalah sederet manfaat jantung pisang untuk kesehatan yang dilansir dari klikdokter.com :

1. Menyembuhkan infeksi

Manfaat jantung pisang yang pertama adalah untuk menyembuhkan infeksi. Manfaat ini karena adanya kandungan etanol di dalam jantung pisang. Etanol dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri patogen.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Tidak hanya infeksi, manfaat jantung pisang juga dapat mempercepat penyembuhan luka dan mencegah berkembangnya penyakit malaria. Ekstrak etanol yang diperoleh dari jantung pisang telah diteliti memiliki manfaat tersebut.

3. Mengatasi diabetes

Manfaat jantung pisang dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Sangat penting untuk menjaga pola makan dan menghindari makanan dan minuman tinggi gula untuk dapat mengontrol kadar gula dalam darah.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar