Life Style

Ini Dampak Positif Hobi Bermain Game Secara Psikologis, Simak Ulasannya

Anjar Anjar
Ini Dampak Positif Hobi Bermain Game Secara Psikologis, Simak Ulasannya

Anggota DPR F-PDIP, Charles Honoris bersama penggiat game Vina Eleast dan Karen Wijaya bertanding game online PUGB mobile dalam turnamen "NXL Mobile Esport Cup 2019" di lantai dasar Mangga Dua Mall, Jakarta, Minggu (17/3). (Liputan6.com

Pesisirnews.com - Hobi bermain game terkadang dipandang secara negatif oleh sebagian orang karena permainan elektronik ini identik dengan membuang-buang waktu untuk bersenang-senang.

Tapi, tahukah kamu bahwa nge-game itu juga berdampak positif bagi diri sendiri?

Dilansir dari laman Lifehack, ternyata ada beberapa keuntungan alias manfaat positif bermain game yang secara psikologis dapat memberi manfaat bagi penggemarnya seperti:

1. Meningkatkan Mood

Agar lebih produktif, terkadang kita butuh sesuatu untuk meningkatkan mood. Ya, di tengah waktu luang, cobalah untuk memainkan game favoritmu. Rasa puas seketika akan muncul, ketika kamu berhasil menang atau naik ke level yang lebih tinggi dalam sebuah pertandingan di game tersebut. Selain meningkatkan mood, nge-game nyatanya juga dapat membantu meredakan kecemasan dan memunculkan rasa rileks.

2. Melatih otak

Banyak lho permainan yang melatih otak, baik kiri atau kanan. Ternyata dengan rutin main game yang mengasah kemampuan otak. Itu karena setiap game dibutuhkan strategi dan logika yang tepat untuk menyelesaikan setiap level atau misi.

Selain itu, nge-game juga dapat membantu meningkatkan kapasitas memori, membuatmu lebih fokus dan berpikir cepat dan fleksibel. Hal ini tentunya berdampak baik pada pembuatan keputusan, terutama saat menghadapi pilihan sulit di dunia nyata.

3. Membangun Komunitas

Game membantu kamu sebagai pengguna untuk membangun komunitas. Ya, ketika berada di tengah pertandingan, game memungkinkanmu untuk mengobrol dengan orang asing sebagai lawanmu. Biasanya dari game yang berhasil membentuk komunitas, umumnya akan melakukan kopi darat (kopdar). Jadi kesempatanmu untuk menambah teman tentunya jadi lebih luas lagi.

4. Bikin Happy

Jika ingin mendapatkan manfaat dari nge-game, kamu harus menentukan durasi waktu bermain game lewat gadget. Idealnya nge-game online dilakukan hanya dalam waktu 30 menit saja, tidak terlalu lama.

Mengapa? Tentunya yang sama-sama kita ketahui bahwa menatap layar smartphone terlalu dalam, apalagi saat bermain game, tidak baik untuk kesehatan mata. Selain itu, durasi tersebut dinilai ideal karena bisa menjadi sarana bagi kamu yang sedang suntuk.

Dengan main game, otak akan memperoleh rangsangan baru, sehingga kamu jadi lebih fresh. Dengan begitu perasaanmu pasti akan berubah perlahan menjadi lebih baik, bahkan bisa lebih happy.

Oh ya, nge-game akan lebih happy lagi, ketika permainan dijalankan dengan lancar jaya alias nggak nge-lag. Nah kamu sudah tahu bahwa perangkat yang dipakai ternyata berpengaruh lho pada lancar atau tidaknya game online yang dimainkan.

Itu tadi sejumlah manfaat positif bagi kamu yang hobi nge-game. Tapi tetap perlu diingat, pergunakan waktu yang tepat untuk menyalurkan hobi nge-game kamu secara bijaksana.

Sumber: (Merdeka)

Penulis: Anjar

Editor: Anjar

loading...