Life Style

Jangan Sepelekan, Segera Lakukan Hal ini jika Akun Facebook Anda Diretas

Anjar Anjar
Jangan Sepelekan, Segera Lakukan Hal ini jika Akun Facebook Anda Diretas

Ilustrasi : (Foto: Pixabay).

Pembajakan akun berbagai media sosial masih cukup sering terjadi. Jika Anda pengguna Facebook, Anda tetap harus berhati-hati karena Facebook bukan lagi sekedar sarana bagi Anda dalam bermedia sosial tetapi sudah jadi bagian dari ‘ranah privat’ yang harus Anda kelola dengan bijaksana.


Sebagai sebuah aplikasi teknologi berbasis internet, Facebook tetap rentan terhadap kejahatan siber seperti peretasan, pencurian akun dan penyalahgunaan data pribadi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu sikap selalu berhati-hati dalam bermedia sosial melalui Facebook penting diperhatikan.


Jika akun Facebook Anda diretas atau diambil alih oleh orang lain, itu bisa menjadi bahaya besar bagi Anda karena seseorang mungkin akan menggunakan data-data pribadi Anda untuk melakukan kejahatan.


Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan jika akun Anda dibajak pihak lain:


1. Lapor Polisi. Sebelum Anda mencoba memulihkan akun, sebaiknya Anda terlebih dahulu melapor ke pihak kepolisian sehingga Anda sudah mempunyai bukti jika suatu saat data dari akun Anda digunakan untuk kejahatan seperti penipuan, fitnah, dll.


2. Capture atau foto tampilan akun Anda yang bermasalah sebagai dokumen yang bisa dijadikan bukti.


3. Laporkan ke Facebook. Jika informasi yang diberikan benar, itu akan menampilkan akun yang sebenarnya dan meminta kata sandi Anda saat ini atau yang lama.


4. Jika peretas tidak mengubah alamat email, opsi pemulihan dari Facebook akan dikirim ke email Anda.


5. Jika peretas telah mengubah alamat email, nomor telepon, dan informasi lain yang diperlukan untuk masuk, maka perlu cara lain untuk otentikasi. Dengan mengklik Kirim permintaan ke Facebook, dimungkinkan untuk memulihkan akun yang diretas dengan mengisi formulir yang menyediakan informasi dan ID yang diperlukan untuk memulihkan profil Facebook.


Semoga bermanfaat. (Int)

Penulis: Anjar

loading...