Life Style

Jepang Kucurkan Dana Ratusan Miliar Rupiah untuk Atasi Meningkatnya Jumlah Warga Jomblo

Anjar Anjar
Jepang Kucurkan Dana Ratusan Miliar Rupiah untuk Atasi Meningkatnya Jumlah Warga Jomblo

Ilustrasi: (Twitter)

TOKYO, Pesisirnews.com - Rendahnya angka kelahiran dan semakin meningkatnya warga yang tidak memiliki pasangan (jomblo), membuat pemerintah Jepang berusaha memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), untuk membantu warganya menemukan jodoh.

Dilansir dari BBC melalui detik.com, Jumat (9/12/2020), angka kelahiran bayi di Jepang pada tahun lalu tercatat turun di bawah 865.000. Angka ini disebut sebagai jumlah kelahiran yang terendah di Jepang dalam beberapa tahun.

Melihat kenyataan itu, pemerintah Jepang ingin memanfaatkan teknologi pencarian jodoh untuk masyarakatnya agar tingkat kelahiran meningkat.

Untuk itu pemerintah Jepang bakal mengalokasikan anggaran 2 miliar yen atau sekitar US$ 19 juta (Rp 266 miliar) untuk mendanai sebuah program yang dinamai “Mak Comblang.”

Media lokal mengatakan pendanaan tersebut bertujuan untuk memungkinkan pihak berwenang memanfaatkan sistem yang lebih mahal yang mempertimbangkan faktor-faktor yang lebih detail dalam pencarian jodoh.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

loading...