Life Style

Mobil Seharga Motor Matic, yang Bener?

Anjar Anjar
Mobil Seharga Motor Matic, yang Bener?

Mobil Kancil. (Kredit Foto via Marketplace Facebook/Ronny Nopirman)

Pesisirnews.com - Sebuah mobil berukuran mini belum lama ini ramai dibahas di media sosial Facebook karena menawarkan harga yang sangat ekonomis untuk ukuran kendaraan roda empat.

Awalnya mobil 'seken' itu ditawarkan oleh seorang pengguna akun Facebook Ronny Nopirman di platform jualan online Marketplace Facebook, seminggu lalu.

Harga yang ditawarkannya setara harga motor matic type “low level” (17 juta rupiah), langsung bikin penasaran warganet, khususnya bagi orang yang sedang mencari kendaran pribadi.

Dari penelusuran motorplus-online.com, pada Sabtu (1/8/2020), mobil yang diketahui bermerek Kancil itu terdaftar dari kendaraan angkutan bermotor roda empat yang didesain, diproduksi dan dipasarkan oleh PT KANCIL (Karunia Abadi Niaga Citra Indah Lestari) Indonesia.

Meski untuk kendaraan roda empat Kancil terbilang sederhana dari segi disain dan komponen mesin, tetapi beberapa komponennya dikembangkan bersama berbagai industri komponen dalam dan luar negeri seperti Politeknik Mekanik Swiss (sekarang POLMAN) Bandung, Fuji Heavy Industries (pabrikan pembuat mobil Subaru, Jepang), dan Huffco-Comet, Amerika Serikat.

Kancil tadinya diharapkan sebagai pengganti bajaj dan bemo karena tidak diizinkan beroperasi atau diproduksi di wilayah Jakarta.

Dulu Kancil dijual terbatas karena bisa dipakai di jalan bila menggantikan satu unit Bajaj. Artinya pembeli Kancil harus membeli juga 1 Bajaj untuk dimatikan izin operasinya.

Karena aturan ini Kancil tidak bisa berkembang cepat dan tidak dapat diproduksi secara massal. Kini Kancil sudah bisa dipakai untuk kendaraan pribadi dengan pelat nomor hitam.

Dengan kelaikan yang cukup memadai sebagai “city car”, Kancil mestinya dapat memenuhi pangsa pasar warga Indonesia berpenghasilan menengah yang butuh kendaraan keluarga dengan harga terjangkau.

Namun sayangnya regulasi awal Kancil bukan diperuntukkan sebagai kendaraan pribadi.

Anda tertarik?


Sumber : motorplus-online.com

Penulis: Anjar

Editor: Anjar

loading...