Life Style

Perokok Wajib Baca: Ingin Bersihkan Nikotin dalam Tubuh? Cari tahu Cara Mudahnya Disini

Anjar Anjar
Perokok Wajib  Baca: Ingin Bersihkan Nikotin dalam Tubuh? Cari tahu Cara Mudahnya Disini

Iustrasi : (Int)

Meski pun rokok dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, pembuluh darah dan paru-paru, namun tidaklah mudah bagi seorang perokok untuk berhenti dari kebiasaan yang tidak menyehatkan ini.


Nah, bagi para perokok, efek berbahaya nikotin menurut para ahli dapat dikurangi dengan beberapa bahan konsumsi yang cukup mudah didapatkan di sekitar kita.


Menurut seorang ahli nutrisi dan ahli diet dari Turki, Buket Yavuz Koçoğlu, terdapat bahan-bahan yang bisa membersihkan nikotin dari dalam tubuh dan memperlancar ekskresi apa bila rajin dikonsumsi.


Apa saja bahan-bahan tersebut? Berikut pesisirnews.com kutipkan untuk Anda:


KUNYIT: Kunyit merupakan anggota keluarga jahe. Kunyit memiliki manfaat sebagai antioksidan. Dengan memanfaatkan nutrisi yang ada pada kunyit, bahaya nikotin dapat sedikit dikurangi.


JAHE: Jahe dapat membersihkan paru-paru dari nikotin. Rajin mengkonsumsi jahe bisa mengurangi keinginan untuk merokok.


BAYAM: Bayam mengandung banyak zat besi dan asam folat. Asam folat yang dibawa ke dalam tubuh dengan bayam mampu mengubah rasa tembakau. Bayam juga mengandung flavonoid sebagai antioksidan maupun anti kanker.


ORANGE: Jeruk yang satu ini memiliki kontribusi penting bagi kesehatan. Selain vitamin C, orange kaya akan kandungan phytochemical dan flavonoid untuk mencegah kanker, membantu memperlancar aliran darah dan menigkatkan sel-sel darah merah.


LABU: Mungkin tidak banyak yang tahu kalau buah yang satu ini kaya akan beta-karoten dan bisa memenuhi 35 persen dari kebutuhan vitamin harian tubuh. Labu memainkan peran penting dalam menghilangkan nikotin yang menumpuk di tubuh perokok.


Wortel: Jus wortel kaya akan karotenoid sebagai kombinasi antioksidan, dan sudah terkenal karena kontribusinya bagi kesehatan manusia. Wortel dapat menghilangkan nikotin dalam tubuh, mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh nikotin pada kulit dengan vitamin A yang dikandungnya. Dari 100 gram wortel dapat memenuhi 60 persen kebutuhan vitamin A harian. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa wortel yang dimakan setiap hari dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kanker paru-paru hingga setengahnya.


AIR: Air adalah sumber kehidupan dan salah satu nutrisi paling efektif untuk menghilangkan akumulasi nikotin dalam tubuh. Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup memainkan peran penting dalam menghilangkan zat radikal berbahaya di dalam tubuh.


Namun, walau pun terdapat cukup banyak bahan-bahan yang mudah kita gunakan untuk mengurangi efek negatif rokok, tetapi yang tidak boleh dilupakan adalah menghilangkan kebiasaan merokok itu sendiri. (Source : sozcu.com.tr)


Penulis: Anjar

loading...