Lingkungan

Antisipasi Kebakaran, DPRD Pekanbaru Ingatkan Warga Tidak Buang Puntung Rokok Sembarangan

admin admin
Antisipasi Kebakaran, DPRD Pekanbaru Ingatkan Warga Tidak Buang Puntung Rokok Sembarangan
ilustrasi
loading...
PESISIRNEWS.COM, PEKANBARU - Kasus kebakaran kini mulai marak terjadi, baik kebakaran lahan maupun bangunan. DPRD Kota Pekanbaru meminta agar para perokok untuk tidak membuang puntung rokok secara sembarangan.

"Perlu dilakukan pencegahan, salah satunya dengan cara tidak membuang puntung rokok sembarangan. Karena itu bisa memicu kebakaran," ungkap Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Mulyadi Anwar, Rabu (9/3/2016).

Dikatakan Politisi PKS ini, peran penting masyarakat dalam melakukan pencegahan pembakaran lahan yang memicu munculnya kabut asap di Riau dan Kota Pekanbaru sangat diharapkan. Mengigat langkah ini perlu dilakukan seiring telah ditetapkannya Riau pada status siaga darurat kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) beberapa waktu lalu.

"Kita harapkan masyarakat mengikuti himbauan tersebut, jangan membuka lahan pertanian dan perkebunan dengan cara membakar. Sebab jika membuka lahan dengan membakar, maka bisa memperparah kualitas udara," ujarnya.

Masyarakat, kata Mulyadi, yang menjadi pecandu rokok diminta memperhatikan puntung rokoknya sebelum dibuang, jika puntung rokok masih hidup, maka segera matikan terlebih dahulu baru dibuang dan jangan dibuang di tempat-tempat kering, semak belukar yang mudah terbakar.

"Karena musim kering saat ini lahan sangat mudah terbakar, kita lihat bangunan juga banyak yang terbakar. Dinas terkait harus proaktif untuk melakukan pencegahan bersama masyarakat," pungkasnya. (rik)

Penulis: admin