Lingkungan

Polres Kepulauan Meranti Patroli Gabungan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan


Polres Kepulauan Meranti Patroli Gabungan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan
Windy
Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Barliansyah SIk, Rabu (22/3) pukul 11.00 WIB kemarin telah melakukan kegiatan patroli gabungan.
PESISIRNEWS.COM, KEPULAUAN MERANTI - Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Barliansyah SIk, Rabu (22/3) pukul 11.00 WIB kemarin telah melakukan kegiatan patroli gabungan antara Polsek Tebing Tinggi Barat, Kades Tanjung Peranap, MPA Desa Tanjung Peranap dan Masyarakat Desa Tanjung Peranap di Hutan kawasan Desa Tanjung Peranap Kecamatan Tebing Tinggi Barat untuk mengantisipasi Karhutla.

Adapun yang ikut dalam Patroli Gabungan ini yaitu Polri 7 Orang yang dipimpin oleh Kapolsek Tebing Tinggi Barat Ipda Aguslan SH, Kades Tanjung Peranap Aswandi, dan MPA Tanjung Peranap berjumlah 10 Orang.

"Tugas pencegahan Karhutla adalah tanggung jawab kita bersama, artinya semua komponen baik pemerintah, aparat, perusahaan, masyarakat untuk bersinergi aktif dalam rangka mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) jika terjadi di Kabupaten Kepulauan Meranti," kata Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Barliansyah SIk.

Upaya penanggulangan baik yang bersifat preventive maupun represif disampaikan dalam paparan yang dimulai dari penyebab Karhutla hingga merumuskan Strategi upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama kegiatan patroli gabungan ini yaitu melakukan koordinasi antara Polsek Tebing Tinggi Barat dengan Kades Tanjung Peranap MPA Tanjung Peranap dan Masyarakat Desa Tanjung Peranap serta melakukan Patroli di hutan Dusun Kampung Balak Desa Tanjung Peranap.

Selama masa kegiatan patroli gabungan banyak hal yang telah didapatkan diantaranya, terjalinnya komunikasi yang baik antara Polsek Tebing Tinggi Barat dengan MPA dan Masyarakat Dusun Kampung Balak Desa Tanjung Peranap serta terjalinnya kerjasama yang baik sehingga dapat berjalan dengan lancar saat pelaksanaan Patroli terkait antisipasi Karlahut di Dusun Kampung Balak Desa Tanjung Peranap dan tidak ditemukan warga yang membuka kebun dengan cara membakar.

Hingga Giat berakhir sekira pukul 17.00 WIB, selama giat berlangsung situasi terdapat dalam keadaan Aman dan Terkendali. (win)
Penulis: