Lingkungan

Hewan yang Hampir Punah Ini Ditemukan di Pegunungan Watuagung Tambak Banyumas


Hewan yang Hampir Punah Ini Ditemukan di Pegunungan Watuagung Tambak Banyumas

Foto : Macan Akar (Felis Bengalensis) yang ditemukan warga di Pegunungan Watuagung Tambak Banyumas.

BANYUMAS, Pesisirnews.com - Kabar cukup menggembirakan diperoleh dari Pegunungan Watuagung Tambak Banyumas, di mana telah ditemukan seekor Macan Akar (Felis Bengalensis) yang merupakan hewan dilindungi karena habitatnya berada dalam ambang kepunahan.

Meong Congkok, begitu masyarakat setempat menyebutnya sudah cukup sulit ditemui karena faktor alamiah dan perburuan liar dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Penemuan satwa langka tersebut bermula dari Suyatno, salah seorang warga yang juga Perangkat Desa (Sekdes) di Desa Watuagung Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, Jumat (21/1/2022).

Suyatno rencananya akan menyerahkan Macan Akar tersebut ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jateng - RKW Cilacap Jln. Kauman No.49A Kandang Macan Desa Sidanegara Kecamatan Cilacap Kabupaten Cilacap.

“Semoga apa yang saya lakukan ini bisa menjadi contoh buat masyarakat supaya bersama sama kita menjaga dan melindungi satwa liar yang di lindungi dari kepunahan, dan menjaga kelestarian alam di lingkungan sekitar kita,” ujarnya dikutip dari Belanegaranews.com, Jumat (21/1).

Lebih lanjut Suyatno mengimbau apabila masyarakat melihat atau menemukan binatang langka/satwa liar yang dilindungi agar tidak diburu atau atau dibunuh. (PNC)

Penulis:

Editor: Anjar