Nasional

110 WNI yang Terjebak Konflik Yaman Dievakuasi ke Tanah Air


110 WNI yang Terjebak Konflik Yaman Dievakuasi ke Tanah Air
WNI Diberangkatkan dari Yaman
JAKARTA, PESISIRNEWS.COM - Sebanyak 110 warga negara Indonesia yang telah dievakuasi dari Yaman akan tiba di tanah air pada siang hari ini. Mereka menggunakan pesawat komersil dari Oman setelah sebelumnya diantar dari Yaman menggunakan pesawat Boeing milik TNI AU.

Menurut informasi yang diterima, Minggu (5/4/2015) Menlu Retno LP Marsudi akan ikut menjemput di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada pukul 14.30 WIB. Setelah itu akan dilanjutkan dengan acara serah terima dari Kemlu kapada Pemda tempat para WNI berasal di Common Lounge Bandara Soekarno-Hatta.

Sebelumnya para WNI ini sempat terjebak di wilayah konflik di Yaman. Mereka harus dievakuasi melalui jalur darat dahulu dari Hudaydah ke Jizan.

Sementara itu tim evakuasi juga masih akan menjemput 110 WNI di tempat yang sama. Mereka juga akan dijemput lewat jalur darat.

Situasi di Yaman masih belum kondusif setelah koalisi Arab yang dipimpin oleh Arab Saudi melancarkan serangan terhadap pemberontak Syiah Houthi. Akibat itu, pemerintah RI berencana menjemput seluruh WNI dari Yaman.

Tim Evakuasi RI juga sempat mengangkut warga negara asal Thailand, Filipina, dan India untuk dievakuasi. Hal ini merupakan permintaan dari kedutaan besar negara terkait di Yaman.

Dalam proses evakuasi sendiri, Tim RI juga dibantu oleh pasukan elite Yaman. Rencananya pasukan ini juga akan kembali mengawal evakuasi WNI.


Sumber:
Detik.com
Editor: Ndo
Penulis: