Nasional

Deretan Karir Letjen Doni Monardo, dari Danjen Kopassus jadi Kepala BNPB

Pesisirnews.com Pesisirnews.com
Deretan Karir Letjen Doni Monardo, dari Danjen Kopassus jadi Kepala BNPB

Presiden Jokowi akan melantik Letjen Doni Monardo menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Doni akan menggantikan Laksamana Muda (Purn) Willem Rampangile.


Pergantian ini kepala BNPB ini dibenarkan oleh Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi, Johan Budi ketika dihubungi via telepon, Senin (1/1). "Benar (Doni Monardo)," kata Johan.


Doni adalah salah satu perwira TNI AD dengan karir cemerlang. Alumnus Akademi Militer tahun 1985 ini langsung bergabung dengan Kopassus begitu lulus. Dia sempat bertugas di wilayah konflik Timor Timur dan Aceh. Setelah itu Doni bergabung dengan Paspampres.


Tahun 2008 Dia dipromosikan menjadi Komandan Grup A Paspampres. Setelah itu menempati posisi teritorial sebagai Danrem 061/Surya Kencana (2010-2011).


Dia juga menjadi wakil komandan satuan tugas antiteror pembebasan MV Sinar Kudus yang dibajak pemberontak Somalia. Dia lalu dipromosikan sebagai Wakil Komandan Kopassus dan meraih bintang satu di pundaknya. Karir Doni makin melejit, dia diangkat menjadi Komandan Paspampres tahun 2012-2014.



Dia kemudian kembali ke korps baret merah, menjadi Danjen Kopassus (2014-2015). Saat memimpin Kopassus ini lah Doni ingin membuat tentaranya lebih ramah pada masyarakat. Dia mewajibkan prajurit Kopassus Senyum, Sapa, Salam jika berhadapan dengan rakyat.


"Jadi biasanya kalau diliatin di jalan, prajurit bilang 'apa lo liat-liat?' Nah sekarang tidak boleh. Jika di jalan ada yang melihat, anggota Kopassus harus senyum duluan," kata Doni saat itu.


"Kita ingin mengubah citra. Prajurit yang tangguh tak perlu tampil seram di depan masyarakat," lanjutnya.


Setahun memimpin Kopassus, Doni digeser menjadi Panglima Kodam XVI Pattimura di Ambon (2015-2017). Lalu Pangdam III Siliwangi di Jawa Barat tahun 2017-2018. Doni dikenal sebagai jago bela diri dan menembak. Fisiknya juga masih prima. Saat menjabat Pangdam Pattimura dia masih menjadi juara Aquathlon di Salahutu setelah berlari lima kilometer disambung berenang dua kilometer.


Bintang tiga di pundaknya didapat saat menjadi Setjen Wantamnas. Kini Doni Monardo akan menempati jabatan baru di BNPB. Selamat bertugas!

Penulis: Zanoer

Sumber: Merdeka.com

loading...