Nasional

Ini Alur Rekrutmen CPNS 2019

pesisirnews.com pesisirnews.com
Ini Alur Rekrutmen CPNS 2019

Jakarta,PESISIRNEWS.COM- Terkait Pengadaan CPNS yang akan segera berlangsung, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) menggelar pertemuan dengan Komisi Aparatur Sipil Negara(KASN) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Ketua KASN Agus Pramusinto mengatakan bahwa dalam kegiatan penerimaaan CPNS, KASN akan ikut mengawal dan menjamin penerapan sistem merit berjalan dengan baik. Sistem merit merupakan kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar tanpa mem- bedakan faktor politik, ras, agama, asal usul, jenis kelamin, dan kondisi kecacatan.

"Dalam pengisian CPNS, KASN ikut mengawal agar tugas KASN untuk menjamin penerapan sistem merit dalam manajeman ASN benar-benar berjalan," ujar Agus Pramusinto, ketua KASN seperti dikutip dalam Twitter resmi @KomisiASN, Kamis (31/10/2019).

Tak hanya itu, Agus juga mengatakan jika masyarakat menemukan pelanggaran dalam proses rekrutmen CPNS, masyarakat bisa membuat laporan pengaduan.

"jika masyarakat menemukan pelanggaran-pelanggaran dalam proses rekrutmen CPNS, masyarakat bisa membuat laporan pengaduan kehttp://lapor.kasn.go.id," tambahnya.

Sebagai informasi, ada yang beda dari Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. Para peserta yang tidak lolos seleksi administrasi akan diberikan kesempatan untuk melakukan sangahan.


Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan sanggahan bisa disampaikan sesaat setelah pengumuman seleksi administrasi dilakukan. Para peserta yang tidak lulus akan diberikan waktu tiga hari untuk menyanggah.

"Tanggal 16 Desember saat mengumumkan hasil penyeleksian administrasi, apabila keberatan dengan hasilnya, bisa disanggah. Kita berikan waktu tiga hari," ujarnya saat ditemui di Kantor KemenpanRB, Jakarta.


Sumber : Okezone

Penulis: Haikal

loading...