Nasional

Ini Dia 2 Tenaga Kesehatan Teladan dari Puskesmas Baiturrahman


Ini Dia 2 Tenaga Kesehatan Teladan dari Puskesmas Baiturrahman
foto: idham sabang
Walikota Bandaaceh foto bersama tenaga kesehatan berprestasi.
BANDAACEH, PESISIRNEWS.COM - Dua tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas Baiturrahman, Banda Aceh, berhasil meraih prestasi membanggakan di level provinsi dan nasional. Mereka adalah Nurasma SKM dan Ns Sri Yuliana Skep.

Lewat program 'Meupop-pop'-nya, Nurasma -tenaga medis bidang kesehatan masyarakat di Puskesmas Baiturrahman, berhasil meraih predikat Tenaga Kesehatan Teladan tingkat nasional. Untuk itu, ia akan menerima penghargaan dari Presiden Jokowi pada peringatan 17 Agustusan mendatang di Istana Negara, Jakarta.

"Kalau di kepolisian sudah ada 'Polisi Meupep-pep', kami menggagas sebuah inovasi baru yakni tenaga medis 'Meupop-pop'. Teknisnya hampir sama, kami berkeliling ke desa-desa dan menyerukan perihal kesehatan lewat toa kepada masyarakat," kata Nurasma usai bertemu dengan Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa'aduddin Djamal SE beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, dalam menjalankan program 'Meupop-pop' tersebut, pihaknya concern pada peningkatan kesehatan ibu dan anak dengan mengajak para kaum ibu untuk rutin mengunjungi Pos Pelayanan Keluarga Berencana-Kesehatan Terpadu (Posyandu) terdekat.

Untuk lebih menarik perhatian dan minat warga untuk berkunjung ke Posyandu, Nurasma berharap Pemko Banda Aceh dapat menyediakan sebuah Odong-Odong untuk Puskesmas Baiturrahman. "Dengan begitu tentu anak-anak akan lebih bersemangat untuk ke Posyandu," pungkasnya.

Sementara rekan sekantor Nurasma, yakni Sri Yuliana berhasil meraih penghargaan sebagai Juara III Tenaga Kesehatan Teladan se-Aceh dan terbaik pertama untuk tingkat Kota Banda Aceh. Perawat murah senyum ini concern memberikan penyuluhan kepada masyarakat terkait bagaimana seharusnya merawat dan memperlakukan orang dengan riwayat medis kelainan jiwa.

Ia pun kerap berkunjung ke rumah-rumah warga yang memiliki sanak saudara yang mengidap penyakit kelainan jiwa dan mengecek kesehatan mereka. Atas kegigihannya tersebut, Sri akan menerima penghargaan dari Gubernur Aceh Zaini Abdullah saat acara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51 pada 12 November 2015.

Wali Kota Illiza saat dimintai tanggapannya, mengucapkan rasa syukurnya atas terpilihnya dua tenaga medis Puskesmas Baiturrahman sebagai tenaga kesehatan teladan. "Mudah-mudahan ini bisa memacu tenaga-tenaga medis lainnya untuk mengikuti jejak keduanya," katanya.

"Saya berkeyakinan, semua kita di bidang apapun kita bekerja ingin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakt, namun hanya mereka yang benar-benar ikhlas bekerja sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT yang akan menuai hasil yang baik pula. Saya ucapkan selamat kepada Bu Nurasma dan Sri Yuliana, jangan cepat puas terus tingkatkan pelananan kepada masyarakat," pungkas wali kota. (ham)

(rik)
Penulis: