Nasional

Pasukan elite TNI, Siap Menuju Yaman


Pasukan elite TNI, Siap Menuju Yaman
illustrasi
JAKARTA, PESISIRNEWS.COM - Panglima TNI Jenderal Moeldoko telah mengirim pasukan untuk mengevakuasi warga negara Indonesia yang berada di Yaman. Pasukan yang diberangkatkan sejak Kamis (2/4) tersebut menggunakan Boeing 737 saat ini sudah berada di Oman.

"Pesawat TNI AU Boeing 737-400 Skadron 17 dengan Nomor A-7305 yang diberangkatkan untuk mengevakuasi WNI dari Yaman telah tiba di kota Salalah, Oman, Jumat pagi (3/4) pukul 04.45 waktu setempat," demikian isi siaran pers di Jakarta, Jumat (3/4).

Nantinya personel TNI yang berjumlah 22 orang tersebut bakal mengevakuasi para WNI lewat jalur udara menuju Arab Saudi lalu kembali ke tanah air menggunakan pesawat komersil. Pasukan yang dipimpin oleh Letkol I.G. Putu Setiadi rencananya bakal mengevakuasi sekitar 4.000 WNI hingga konflik di negara tersebut dinyatakan kondusif.

22 pasukan itu terdiri dari 12 orang Crew Pesawat, 4 orang dari Satuan Bravo Paskhas, 2 orang Penerangan, 3 dari Kemenlu dan 1 Supervisi dari Mabes TNI. Tim tersebut merupakan personel tambahan yang sehari sebelumnya telah diberangkatkan dalam misi menyelamatkan WNI di Yaman.

"Intinya mengangkut WNI yang ada di tempat tertentu keluar, lalu dibawa pesawat komersil ke Indonesia. Ada yang di seputaran Aden harus diangkut dengan kapal, koordinasi juga dengan pemerintah India. Dari Aden, kapal laut ke Djibouti baru dari situ naik pesawat," kata Jenderal Moeldoko kemarin.***

Sumber : Merdeka.com
Editor : Bayuku
Penulis: