Nasional

Polri Ingin Penanganan Kasus Andi Arief Jadi Contoh Polisi se-Indonesia


Polri Ingin Penanganan Kasus Andi Arief Jadi Contoh Polisi se-Indonesia

Pesisirnews.com - Andi Arief dirujuk rehabilitasi setelah sebelumnya tertangkap menggunakan narkoba jenis sabu oleh polisi. Polriberharap penanganan kasus Andi Arief dapat menjadi contoh seluruh penyidik polisi khusus narkoba di Indonesia.

Baca Juga :Viral Pria Tangkap King Kobra 4 Meter dengan Tangan Kosong, Ini Kata Petugas..

"Surat Edaran Kabareskrim sudah tepat apabila diterapkan pada case AA. Untuk seluruh pelaku yang casenya seperti AA, dari BNN sudah menyampaikan seharusnya diterapkan seperti itu," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepadadetikcomdi Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (6/3/2019).

"Itu trigger, acuan bagi penyidik Polri dan BNN dalam penanganan pelaku penyalahgunaan narkotika yang pada saat penangkapan tidak di ketemukan barang bukti narkotika padanya," sambung Dedi.

Dedi menuturkan rujukan rehabilitasi untuk para penyalahguna narkoba bertujuan mengurangi kepadatan penghuni di rumah tahanan atau lembaga permasyarakatan.

Baca Juga :Ratusan Penerima Bantuan Pilih Mundur, Malu Dicap Keluarga Miskin

"(Rehabilitasi) itu untuk menanggulangi overcapacity di lapas. Setiap tahun rata-rata, data BNN, jumlah penyalahguna 5,8 juta orang," tutup Dedi.

Dalam kasus ini Andi Arief telah menjalani proses asesmen oleh tim medis BNN dan dinyatakan layak rehabilitasi karena berstatus penyalahguna. Andi Arief sebelumnya ditangkap di Hotel Peninsula, Jakarta Barat, Minggu (3/3), pukul 18.30 WIB.

Saat Andi Arief ditangkap, polisi menemukan ada seorang wanita bersamanya. Polisi mendapati mantan Wasekjen Partai Demokrat ini positif menggunakan narkoba lewat tes urine. Perempuan yang bersama Andi juga dites urine namun hasilnya negatif.

Baca Juga :52 Pemandu Lagu dan 4 Pasangan Mesum Terjaring Operasi Pekat

Polri menyebut Andi Arief korban. Dia tidak terkoneksi dengan jaringan narkoba manapun.(detik.com/dan).

Penulis: admin