Nasional

Satu dari Tiga Ular Phyton Ditangkap Bermahkota Akik


Satu dari Tiga Ular Phyton Ditangkap Bermahkota Akik
TUBAN, PESISIRNEWS.COM - Tiga ekor ular phyton yang meneror perkampungan warga di Tuban, Jawa Timur, kini sudah ditangkap. Ada yang menarik. Salah satu ular yang tertangkap itu di bagian kepalanya ada benjolan seperti bermahkotakan akik fosil kayu jati.

Warga di Desa Sendanghaji, Kecamatan Merakurak, memang sempat resah karena ular-ular berukuran jumbo itu berkeliaran dan memangsa hewan ternaknya.

Ular phyton atau orang Jawa menyebutnya dengan Sowo Kembang yang telah ditangkap tersebut kini dipelihara warga setempat, Busro Ilham.
Namun karena di rumahnya tidak memiliki kandang, ular itu oleh Busro ditempatkan di dalam bekas rombong bakso dan menjadi tontotan.

"Iya ini beda dengan lainnya, ada mahkotanya mirip kayak akik fosil jati," kata Busro Ilham, Minggu (28/6/2015).

Belum diketahui secara pasti asal usul ular-ular yang berukuran sebesar paha orang dewasa itu. Sebab Desa Sendanghaji, merupakan pemukiman penduduk yang jauh dari kawasan hutan jati.

Hampir sepekan ini warga setempat memang dilanda rasa ketakutan. Mereka takut menjadi mangsa ular-ular itu. Warga pun sepakat melakukan perburuan.

Penangkapan binatang melata itu berlangsung malam hari dengan melibatkan lima orang. "Saya salah satunya yang ikut nangkap," tambah Busro.


Sumber: Detik.com
Penulis: