Nasional

Tokoh Muhammadiyah: Ucapan Said Aqil Tak Cerminkan Akal Sehat

Pesisirnews.com Pesisirnews.com
Tokoh Muhammadiyah: Ucapan Said Aqil Tak Cerminkan Akal Sehat

JAKARTA,PESISIRNEWS.COM-TokohMuhammadiyah, Anwar Abbas menyesalkan pernyataan Ketua UmumPengurus Besar Nahdlatul Ulama(PBNU)Said Aqil Sirojyang menyebut jika imam masjid, khatib, dan menteri agama jika dipegang selain Nahdliyin, maka salah semua.

Penyataan tersebut dinilai Anwarmembahayakan persatuan umat dan tidak mencerminkan akal sehat.

"Saya sesalkan. Pernyataan ini jelas tidak mencerminkan akal sehat. Saya yakin pernyataan ini adalah pernyataan dan sikap pribadi dari Said Aqil Siradj dan bukanlah sikap dariNU," kata Anwar Abbas dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/1).


Menurutnya, jika pernyataan Said Aqil tersebut menyatakan atas nama Nahdlatul Ulama, maka sikap itu dinilai membahayakankarena mengancam persatuan dan kesatuan umat.

Karena itu Anwarmeminta SaidAqilmenarik ucapannya itu agar tidak memantik keriuhan di kalangan umat.

Anwar membagikan kisahnya saat berbagi pengalaman membangun MUI bersama tokoh NU, almarhumSlamet Effendi Yusuf yang saat itu menjabat sebagai Wakil Ketua UmumPBNU. Saat ituAnwarbersama Slametberkomitmanuntuk menyatukan umat di MUI. Caranya dengan menerapkan konsep keterwakilanormas Islam di MUI.

Anwarkemudian diusung menjadi Sekretaris Jenderal MUIhingga kini karena Ketua Umum MUI, Ma'ruf Amin berasal dari NU.


Anwar menilai apa yang dilakukan Said berseberangan jauh dengan semangat yang diusung itu.

"Yang hendak dilakukan oleh Said Aqil Siradj adalah untuk mengambil dan meraup semua jabatan dan posisi yang ada di negeri ini untuk NU," katanya.
Kementerian Agama," ujarnya.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj menghadiri Harlah Ke-73 Muslimat NU, (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Anwar menyinggung saat ini di Kementerian Agama juga tidak ada satu pun orang Muhammadiyah di eselon satu dan dua. Semuanya, kata dia, nyaris dari NU. "Begitu juga rektor-rektor Universitas Islam (UIN) dan IAIN semuanya nyaris dari NU," kata dia.

Anwar menegaskan, skenario ini harus dihentikan jika anak-anak bangsa masih mau negeri ini aman damai dan tentram. Untuk itu, kata Anwar, dirinya meminta SaidAqil untuk meminta maaf kepada umat Islam. "Karena saya yakin dan percaya itu bukan sikap NU," kata dia.

SebelumyaSaidAqildalam sambutannya di Hari Ulang Tahun Muslimat NU di Jakarta kemarin menyatakan warga NU mesti berperan dalam berbagai bidang di masyarakat. Salah satunya di bidang keagamaan.


Jika tidak dipegang oleh warga NU maka menurut Said Aqilakan salah semua.

"Imam masjid, khatib, KUA (kantor urusan agama), harus dari NU. Kalau dipegang selain NU, salah semua," kataSaid lalu tertawa kecil yang diikuti hadirin yang mendengar.

Penulis: Zanoer

Sumber: CNNIndonesia